Breaking News

,

Latihan Ketrampilan Keprajuritan Setukpa Angkatan Ke-19 T.A. 2016


Surakarta, Laras Post - Siswa Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Angkatan ke-19 T.A. 2016 melaksanakan Latihan Ketrampilan Keprajuritan di daerah pegunungan Wonogiri dan Pacitan. Latihan yang berlangsung selama 10 hari ini dimaksudkan untuk mengukur tingkat kemampuan dan ketrampilan para siswa dalam menyerap sekaligus mempraktekkan pelajaran teori yang telah diterima pada kondisi medan yang disimulasikan.

Berbagai materi : M3,Pionir, Kompas (JPS), IMPK, TKK dan Pertahanan Pangkalan akan dipraktekkan dengan simulasi sebagai berikut: Melaksanakan operasi militer guna menghancurkan dan menetralisir kekuatan musuh pada hari-5 sampai hari+1 pada kurun waktu Mei 2016 untuk merebut dan mempertahankan Detasemen TNI AU di wilayah Pacitan serta mendukung Komando Operasi TNI.

Pasukan Semeru Sakti 19 (Setukpa 19) setelah menerima informasi dari staf intelijen tentang posisi musuh, kemudian mengadakan pengejaran dengan menggunakan kendaraan serta mobil patroli dari wilayah Donoloyo dan melaksanakan Bivak di Geneng. Untuk mengungguli gerak pasukan musuh, Skadron Semeru Sakti 19 (Skadik 401) segera digerakkan melaksanakan patroli jarak jauh guna pembersihan pos-pos musuh di sepanjang jalan pergerakan daerah Padarangin, Pakisbaru, Gondang dan melaksanakan Pertahanan dan Bivak. Selanjutnya Pasukan Semeru Sakti 19 diperintahkan melakukan pengejaran dengan mengadakan patroli jarak jauh dan menghancurkan kubu pertahanan musuh di daerah Temon, Jati Malang serta melanjutkan pengejaran dan mempertahankannya di daerah Semanten dan berbivak.  Pasukan Semeru Sakti 19 diperintahkan menghancurkan kubu musuh di daerah Nglaban dilanjutkan pengerahan patroli ke Bangunsari dengan menggunakan tehnik membaca peta, kompas, dan melaksanakan pertahanan survival dan berbivak.   

Pasukan   Semersakti 19 melaksanakan perebutan dan pertahanan pangkalan detasemen Pacitan dan menyerahkan kembali operasinalnya Detaseman Pacitan.  

Latihan ketrampilan keprajuritan Semeru Sakti 19 dikomandani oleh Mayor Penerbang Urip Widodo (Danskadik 401 Lanud Adi Soemarmo),  dibuka oleh Kadisops Lanud Adi Soemarmo Letkol Pnb A.P.U. Tarigan pada tanggal 19 Mei 2016 dan ditutup oleh Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Nav, Agus Priyanto, S.E., M.M. tanggal 25 Mei 2016. (Wry, Pen)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai