sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Selebrity

Seni Budaya dan Hiburan

Pendidikan

» » Warga Tarokan Gelar Grebeg Suro 1441 H dan Sedekah Bumi

Kades Tarokan saat diwawancara awak media mengenakan pakaian adat Jawa.
Kediri, Laras Post - Warga Desa Tarokan menggelar tradisi budaya lokal tanah jawa, Grebeg Suro 1441 H dan Sedekah Bumi, Sabtu (14/9/19) lalu.

Tradisi itu merupakan salah satu kearifan lokal sebagai bentuk melestarikan budaya bangsa, sebagai bangsa yang memiliki nilai kekayaan budaya dan peradaban yang besar. 

Kepala Desa Tarokan, Supadi menyampaikan, sedekah bumi itu merupakan suatu ungkapan terima kasih kepada Sang Pencipta yang telah memberikan hasil bumi yang melimpah untuk kehidupan umat.

Grebeg Suro dan Sedekah Bumi merupakan upacara tahunan yang dihelat masyarakat Desa Tarokan, Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri sejak kepemimpinan Kades Supadi.

Rangkaian kegiatan grebeg Suro, diantaranya Karnaval Sedekah Bumi yang diikuti masyarakat Desa Tarokan dan sekitarnya berlangsung meriah.

Karnaval itu diawali konvoi kendaraan yang dihias berbentuk gunungan yang berisi hasil bumi Desa Tarokan yang melimpah ruah, berupa tanaman palawija dan rempah rempah serta buah buahan segar. 

Pada karnaval itu diikuti kurang lebih 20 kendaraan yang terdiri dari 10 Pedukuhan wilayah Tarokan.

"Semua hasil bumi tersebut berasal dari masyarakat petani Desa Tarokan yang guyub serta penuh kekompakan," ucap Kades Tarokan.

Masyarakat pun tumpah ruah untuk menyaksikan kegiatan pawai yang berlangsung semarak tersebut.

Supadi juga menyampaikan, bahwa kegiatan ini mencerminkan kebersamaan masyarakat Desa Tarokan yang cinta damai dan guyub.

Kades Supadi menyebutkan, agenda tahunan ini pula dalam menyongsong Desa Tarokan pada tahun 2020 akan dikembangkan sebagai destinasi Desa Wisata.

"Semoga Ke depan Pemerintah Desa Tarokan akan lebih makmur dan menjadi desa unggulan," tandas Kades Supadi dengan nada optimis. (Rud)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda