Breaking News

,

Ciptakan Keamanan Lingkungan, Polisi di Purbalingga Inisiasi Pendirian Pos Kamling Permanen

Kapolsek Kaligondang Iptu Mahudi, ketika meresmikan pos kamling permanen, di RT 2 RW 1, Desa Lamongan, Kecamatan Kaligondang, Sabtu (23/11).
Purbalingga, Laras Post - Dalam rangka mendukung terciptanya keamanan lingkungan, salah satu polisi di Purbalingga menginisiasi pendirian pos kamling. Adalah Ipda Edi Rasio Kasi Propam Polres Purbalingga yang menginisiasi pendirian pos kamling permanen di lingkungan tempat tinggalnya.

Bermula saat pos kamling di lingkungan tempat tinggalnya yang terbuat dari bambu dan kayu sering mengalami kerusakan. Ipda Edi kemudian menggagas pembuatan pos kamling permanen yang disetujui oleh warga. Bersama warga kemudian dilakukan pembangunan pos kamling di salah satu tanah milik warga.

Setelah selesai dibangun, pos kamling yang ada di RT 2 RW 1, Desa Lamongan, Kecamatan Kaligondang tersebut diresmikan. Peresmian pos kamling permanen tersebut dilakukan oleh Kapolsek Kaligondang Iptu Mahudi, Sabtu (23/11/2019) malam.

Kapolsek Kaligondang Iptu Mahudi yang hadir meresmikan pos kamling menyampaikan apresiasi kepada warga atas pendirian pos kamling permanen di RT 2 RW 1 Desa Lamongan. Adanya pos kamling tersebut memiliki manfaat untuk kegiatan siskamling menjaga keamanan lingkungan.


"Keamanan bukan hanya tanggung jawab pihak kepolisian saja namun perlu peran serta seluruh lapisan masyarakat. Oleh sebab itu adanya pos kamling yang baru tersebut diharapkan mampu mendukung kepolisian dalam menjaga keamanan lingkungan," kata Mahudi.

Ditambahkan kapolsek, dengan adanya pos kamling permanen ini diharapkan masyarakat bisa lebih giat lagi mejaga lingkungan. Dengan demikian mampu mencegah terjadinya niat dan kesempatan pelaku kejahatan beraksi di wilayah Desa Lamongan.

Kepala Desa Lamongan Agus Miftah menyampaiakan bahwa pos kamling yang baru ini merupakan salah satu pos kamling terbaik dan terlengkap di Desa Lamongan. Kami ucapkan terima kasih kepada warga yang telah bekerja sama untuk mendirikan pos kamling tersebut.

"Kami berharap adanya pos kamling ini bisa mendukung terciptanya keamanan lingkungan. Kedepan semoga bisa ditiru oleh warga di RT/RW lain di Desa Lamongan. Sehingga keamanan lingkungan bisa tetap terjaga," ucapnya.


Sementara itu, Ipda Edi Rasio selaku penggagas berdirinya pos kamling permanen mengatakan dirinya prihatin dengan lingkungan tempat tinggalnya yang tidak memiliki pos kamling permanen. Selama ini pos kamling dibuat menggunakan kayu dan bambu sehingga sudah beberapa kali rusak. Saat pos kamling rusak kegiatan siskamling menjadi terhambat.

"Berawal dari hal itu, maka saya inisiasi pembuatan pos kamling permanen ini. Setelah dirapatkan dengan warga, ide pembuatan pos kamling permanen disambut positif bahkan ada warga yang bersedia menghibahkan tanahnya untuk lokasi pos kamling," kata Edi.

Ditambahkan Edi, setelah ada lokasi untuk pos kamling tersebut kita bersama warga memulai proses pembangunannya secara swadaya. Harapannya setelah adanya pos kamling permanen ini bisa digunakan warga untuk kegiatan ronda malam. Dengan demikian keamanan lingkungan bisa terwujud.

Peresmian pos kamling ditandai dengan pemukulan kentong oleh Kapolsek Kaligondang. Kapolsek juga menyerahkan bantuan berupa senter untuk pos kamling agar digunakan mendukung kegiatan ronda. Usai peresmian kemudian dilakukan pengecekan alat kelengkapan pos kamling dan peragaan memukul isyarat kentongan oleh warga. (Agus P)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai