sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Seni Budaya dan Hiburan

» » Kementerian ATR/BPN Tetapkan 2020 Tahun Peningkatan Kualitas Program Strategis

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil
Jakarta, Laras Post – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menetapkan 2020 merupakan tahun peningkatan kualitas program strategis.

“Jadi, nanti akan ada penilaian khusus untuk kualitas, hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi masalah di kemudian hari,” kata Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil, saat membuka Rapat Kerja Terbatas (Rakertas) Kementerian ATR/BPN, Selasa (12/11/2019), di Hotel Sultan, Jakarta.

Rakertas yang mengusung tema Percepatan Capaian Program Strategis yang Berkualitas Tahun 2019 dan Program Strategis Dalam Era Digital Tahun 2020 ini dilaksanakan mulai Selasa-Rabu (12-14/11/2019), untuk melakukan evaluasi dan perumusan langkah taktis pelaksanaan program strategis 2019 dan Kota/Kabupaten Lengkap Tahun 2020 yang efektif dan efisien.

Sofyan menjelaskan, salah satu program strategis yang akan mendapat penilaian khusus itu, adalah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), 

“Saya lihat karena kebijakan masa lalu ada beberapa yang tidak terkontrol kualitasnya. Oleh sebab itu kita tidak ingin PTSL yang kita kerjakan sekarang ini menimbulkan sisa-sisa masalah di masa yang akan datang, sekarang kita harus berpikir bagaimana memudahkan pekerjaan tanpa mengurangi kualitas,” ungkapnya.

Menurut Sofyan, sejauh ini pihaknya medapat laporan bahwa, kinerja jajaran Kementerian ATR/BPN telah cukup baik dan banyak melakukan improvisasi.

“Banyak sekali perubahan dibandingkan dengan beberapa waktu yang lalu. Tetapi tentu masih banyak lagi yang perlu kita perbaiki karena kita punya komitmen ATR/BPN kini sudah lebih baik,“ tegasnya.

Lebih lanjut Sofyan mengatakan, Kementerian ATR/BPN akan menetapkan 10 kota lengkap tahun ini, dengan kriteria yang lebih detil dari sebelumnya.  

“Kota-kota lengkap ini kriterianya harus lebih detail lagi, karena banyak kota yang lengkap tapi hanya namanya saja padahal banyak masalah yang belum diselesaikan. Jadi, nanti kita akan putuskan begitu kita katakan kota lengkap berarti benar-benar lengkap, karena kalau sudah kota lengkap maka layanan elektronik dan lainnya itu akan sangat membantu,” tuturnya.

Ia juga mengingatkan, untuk memudahkan pelaksanaan program strategis, Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Kantor Pertanahan perlu menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah, karena akan sangat membantu pelaksanaan program kerja di lapangan.

Adapun terkait Reforma Agraria yang menjadi concern Presiden Joko Widodo, akan dipercepat, terutama begitu Penyelesaian Penguasaan Tanah dalam Kawasan Hutan (PPTKH) sudah selesai dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. “Jadi, akan langsung diserahkan kepada Kementerian ATR/BPN dan diberikan sertipikat,” tegasnya.

Penyelesaian Sengketa

Menyinggung soal penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan, Sofyan menyebutkan, pihaknya sangat terbantu dengan hadirnya Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN yang mendapat mandat langsung dari Presiden Jokowi membantu penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan. 

Sementara itu, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra menegaskan, dirinya mendapat tugas khusus untuk menyelesaikan sengketa dan konfilk agaria. “Tugas khusus saya mengenai konfilk agaria dan sengketa agraria seperti mafia tanah itu harus diselesaikan,” tegasnya.

Ia berjanji akan membuat penyelesaian masalah agaria secara efisien melalui penerapan sistem digitalisasi. “Untuk semua Kantor Wilayah BPN Provinsi dan Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota, kita buat penyelesaian masalah agraria dengan efisien dalam sistem digitalisasi," pungkasnya. (her)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

2 Comments:

  1. yuk teman teman yang hobby main game
    mari bergabung bersama kami
    di game penghasil duit dan banyak hadiah menanti anda
    buktikan sendiri y


    wwww.vodkapoker,site

    BalasHapus
  2. yuk teman teman yang hobby main game
    mari bergabung bersama kami
    di game penghasil duit dan banyak hadiah menanti anda
    buktikan sendiri y


    wwww.vodkapoker,site

    BalasHapus

Posting Komentar