sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Seni Budaya dan Hiburan

» » Kepala BNPP Lepas Pasukan Siaga SAR Hadapi Liburan Akhir Tahun

Kepala BNPP/Basarnas Marsdya Bagus Puruhito saat melepas Pasukan Siaga SAR hadapi Nataru 2019-2020.

Jakarta, Laras Post - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) / Basarnas, menggelar Apel Kesiapsiagaan Siaga SAR Khusus Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) di halaman Mako gedung Basarnas, Kemayoran Jakarta, Rabu (18/12/19).

Pada kesempatan itu, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito melepas pasukan Siaga SAR yang akan siaga di posko posko seluruh nusantara.

Kepala BNPP/Basarnas mengatakan,  pelaksanaan apel kesiapsiagaan siaga SAR khusus Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 ini dimulai pada 18 Desember 2019 hingga 8 Januari 2020, bertepatan puncak arus mudik dan liburan akhir tahun.

Pelaksanaan Siaga SAR Khusus Nataru ini bertujuan terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal untuk mendukung serta membantu unsur-unsur terkait. "Diantaranya POLRI, Kementerian Perhubungan, dan Pemda, melalui pemantauan jalur mudik dan Nataru, jalur penyebrangan serta pemantauan kawasan wisata strategis secara profesional, Sinergi dan Militan," ucap Kabasarnas.

Bagus menyebutkan, kesiapsiagaan Basarnas dalam Nataru ini harus selalu ditingkatkan dari tahun ke tahun, baik koordinasi, kesiapan personel, serta peralatan dan keterampilan yntuk meningkatkan kecepatan waktu tanggap (respon time) jika terjadi kecelakaan dan bencana.

"Kita tidak mengharapkan itu terjadi namun kita tetap harus siap dan siaga," tambahnya.

Lebih lanjut Kabasarnas menegasn beberapa hal kepada seluruh personel petugas SAR bahwa, Nataru ini bersamaan dengan datangnya musim hujan, musim angin. "Sehingga tingkatkanlah kesiapsiagaan kita semuanya untuk mewaspadai adanya banjir, longsor, dan angin puting beliung, serta bencana alam lainnya," tegasnya.

Selain itu Kabasarnya juga meminta kepada seluruh personel agar dapat mengamati kondisi wilayah di sekitarnya dengan fenomena alam yang ada. "Tunjukkan bahwa kita bekerja secara profesional, sinergi dan militan, serta utamakan faktor keselamatan dalam pelayanan saat bertugas dan masyarakat," pintanya.

Hal lain yang perlu diperhatikan, lanjut Kabasarnas, cek kembali peralatan, laksanakan cek and ricek kesiapan dan kondisi alutsista serta petugas yang dilibatkan. Kesiapan kondisi dan kebersihan alutsista yang akan kita pergunakan merupakan salah satu faktor yang menunjang kewibawaan dan penampilan Basarnas, sehingga lebih meyakinkan masyarakat.

Kabasarnas menghimbau kepada seluruh petugas kepala kantor dan semua petugas siaga khusus Nataru, agar tetap bersemangat menjaga kesehatan, bahwa tugas ini adalah tugas yang syarat dengan nilai-nilai kemanusiaan.(sg)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda