sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Seni Budaya dan Hiburan

» » Lomba Parade Reyog Ponorogo Anak se-Jabotabek di TMII


Jakarta, Laras Post - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bersama Badan Penghubung Propinsi Jawa Timur beserta Paguyuban Reyog Ponorogo se-Jabotabek menggelar lomba  Seni Parade Tari Reyog Ponorogo tingkat anak-anak se-Jabotabek yang digelar di anjungan Jawa timur, TMII, Jakarta, Minggu (15/12/19).

Parade Reyog Ponorogo Tingkat Anak tersebut menghadirkan kompetisi ketat para peserta dari 7 sanggar tari reyog yang tampil pada acara itu.

Seniman seniman reyog bakal unjuk kebolehan di anjungan Jawa timur TMII yang telah disulap jadi venue acara. 
Dirut Seni Budaya TMII sekaligus dewan juri Drs. Sigit Gunardjo, mengatakan, ini adalah suatu apresiasi TMII dan anjungan Jawa timur, sebagai bentuk pelestarian budaya, yang harus dilestarikan. 


"Kepada generasi muda, bukan saja warga Jawa timur, dan di sini kita bisa lihat para penari reyog sebagian besar warga Jabotabek bersama komunitas reyog, sebagai bentuk pelestarian budaya bangsa sendiri," ucap Sigit.

Kepala Anjungan Jawa timur, Samad menyampaikan, bahwa tujuan kegiatan parade pentas seni reyog ini diselenggarakan untuk yang ke tiga kalinya, digelar di anjungan Jawa Timur TMII.

"Kami ingin mengevaluasi hasil dari pelatihan yang telah diberikan kepada para pelatih penari sanggar seni reyog Ponorogo terutama yang ada di Jakarta, Bogor, Depok Tangerang (Jabotabek), dan kita dapat melihat hasilnya
karena semua sanggar reyog masing-masing mempunyai ciri khas dan kreasi para penari itu sendiri," ucap Samad.

Samad menyebutkan, jegiatan ini juga sekaligus memberikan wawasan kepada anak-anak bahwa budaya bangsa agar terus dilestarikan sebagai budaya leluhur.

Para dewan juri Lomba Reyog Tingkat anak se-Jabodetabek diantaranya, ketua merangkap anggota, Drs. Siglt Gunardjo, MM, sehari-hari sebagal Dirut budaya "Taman Mini Indonesia Indah" serta aktif menjadi juri dalam setiap kegiatan festival tingkat nasional.


Drs, Abdul Rachem, lulusan Institut Seni Indonesia Yogyakarta Jurusan Tari Kesenian Betawi, Reyog Ponorogo merupakan kesenian yang ia geluti secara serius telah membesarkan namanya sebagai penata tari tim reyog Ponorogo DKI Jakarta. 

Nanang Hape, S.Sn lahlr di Ponorogo, 15 Agustus 1975, alumni ISI Surakarta, adalah seorang dalang dan sutradara.

Nanang Hape selain berkarya di dunia pewayangan, juga seorang sutradara yang melakukan proses kreatif kekaryaan di berbagal disiplin seni pertunjukan seperti musik, teater, tari dan sastra. (egi)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda