sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Seni Budaya dan Hiburan

» » Marliana, Anak Petani Kopi yang Menjadi Pengusaha Kursus

Marliana.

Depok, Laras Post –  Siapa sangka sebuah lembaga kursus yang bernama Language Better and Computer (LBC) Depok ini didirikan oleh seorang Marliana, anak petani Kopi Gayo yang hanya bermodalkan uang tiga ratus lima puluh ribu dan kenekatan.

Pimpinan sekaligus pemilik LBC Depok Marliana mengungkapkan, setelah lulus dari AMIK BSI Depok pada 2006, dirinya mulai memberikan les privat komputer dari rumah ke rumah. Selain itu, Marliana membantu usaha kakaknya yang bergerak di lembaga kursus bahasa inggris di Kelapa Dua Depok.

“Namun sayang, usaha kakak saya tidak berjalan lancar dan tutup pada tahun 2008. Oleh pemilik gedung, tempat kursus kakaknya, saya diberi kesempatan untuk merintis kembali dari awal usaha ini,” kata ibu tiga anak ini di kantor LBC Depok, Jalan Margonda Raya No. 70 Depok, Jawa Barat, Selasa (10/12/2019).

Tantangan itulah yang membuat Marliana semangat dan nekat.  Dengan modal 350 ribu rupiah untuk cetak brosur, dirinya menyebarkan sendiri brosur kursus LBC itu di atas KRL dan di kantin kampus. Alhasil, tempat kursusnya mulai banyak yang mendaftar.

“Dari uang siswa itulah, saya mulai punya inventaris meja, bangku dan komputer, hingga berkembang seperti saat ini,” ujarnya.

Kebanyakan, lanjut Marliana, untuk mendirikan sebuah lembaga kursus, pasti yang terpikirkan adalah segi modal, yaitu untuk sewa tempat, peralatan kantor dan perizinan, sehingga akhirnya banyak yang tidak berkembang atau tidak jadi mendirikan kursus.

“Namun yang terpenting adalah keyakinan dan semangat tanpa menyerah, agar impian mempunyai lembaga kursus dapat terwujud. Dan ditanamkan bahwa lembaga tersebut bertujuan ikut mencerdaskan anak bangsa,” terangnya.

Seiring perkembangan, pada 2012, Marliana memindahkan tempat kursusnya di pusat Kota Depok, yaitu di Jalan Raya Margonda No.70 Depok, dan memiliki program kursus 7 bahasa asing (Inggris, Jepang, Korea, Mandarin, Jerman, Belanda dan Prancis) dan komputer (Teknisi Komputer, Aplikasi Perkantoran, Design Grafis, Web Design, Autocad 2D & 3D, Ilustrator, Visual Basic, Java, Myoby, Internet Marketing  dan Paket IT).

“Sebuah kenekatan yang membuahkan sebuah lembaga yang terakreditasi B serta mempunyai misi mulia untuk menghadapi revolusi industri 4.0, yakni mempersiapkan SDM yang profesional, berkompeten dan siap untuk bersaing di dunia usaha dan industri,” pungkasnya. (haris)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda