sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Seni Budaya dan Hiburan

» » Penerbitan Sertipikat Tekan Sengketa Tanah


Menteri ATR/BPN Sofyan A Djalil, Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, Rudi Rasnawar bersama Kepala Kantor Wilayah BPN Kalimantan Selatan, Yuniar Hikmat Ginanjar
Banjarbaru, Laras Post – Sengketa tanah sering terjadi akibat tanah belum bersertipikat dan tak terurus. Maka penerbitan sertipikat akan mengurangi sengketa tanah.

“Saya peringatkan tanah untuk dijaga atau digarap sehingga bermanfaat dan menciptakan nilai tambah," kata Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan A. Djalil, saat membagikan sertipikat kepada masyarakat, di Halaman Kantor Gubernur, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Jumat (13/12/2019).

Pada kesempatan itu, Sofyan A. Djalil membagikan sebanyak 3.025 sertipikat yang terdiri dari Sertipikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Sertipikat Redistribusi Tanah, dan Sertipikat Wakaf.

Lebih lanjut Menteri ATR/Kepala BPN menjelaskan, sertipikat tanah bukan saja memberikan kepastian hukum hak atas tanah, tetapi juga ada nilai ekonominya. 

"Sertipikat bisa dijadikan jaminan untuk pinjaman modal usaha. Tetapi jika tidak ada usaha dan tidak bisa mengembalikan, maka jangan. Nanti tanahnya akan dilelang jika tidak bisa membayar. Tetapi jika ada usaha dan hasilnya bisa dibayar kembali, maka bagus," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, Rudi Rasnawar mengapresiasi program pendaftaran tanah yang telah dijalankan oleh Kementerian ATR/BPN. 

"Saya sangat bersyukur sebagai Pemerintah Daerah dengan adanya program ini, karena program ini masyarakat juga bisa sejahtera dari segi ekonomi khususnya untuk masyarakat Provinsi Kalimantan Selatan. Ini merupakan tugas yang mulia, insya Allah para petugas di BPN yang sudah bekerja keras dapat dijadikan ladang amal ibadah nantinya karena telah membantu masyarakat," tuturnya. 

Kepala Kantor Wilayah BPN Kalimantan Selatan, Yuniar Hikmat Ginanjar, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang membantu keseluruhan proses pendaftaran tanah khususnya di Provinsi Kalimantan Selatan. 

"Terima kasih atas kinerja yang baik dari seluruh pekerja di Provinsi Kalimantan Selatan. Semangat melayani dan menyelesaikan target setiap program yang telah ditetapkan," ujarnya.

Penyerahan sertipikat dilakukan secara simbolis kepada 14 orang perwakilan penerima sertipikat yang berasal dari 13 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan.

Usai penyerahan sertipikat, Sofyan A. Djalil menyempatkan diri mengunjungi Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Banjarbaru. Melihat ruang arsip penyimpanan warkah, yang rencananya akan dilaksanakan digitalisasi. Menteri ATR/Kepala BPN kemudian berinteraksi dengan beberapa karyawan mulai dari PNS, CPNS serta PPNPN di lingkungan Kantah Kabupaten Banjarbaru. 

Menteri ATR/Kepala BPN juga berkesempatan memberikan arahan serta memberikan masukan kepada Kepala Kantor Pertanahan se-Provinsi Kalimantan Selatan agar bekerja dengan semangat untuk melayani masyarakat khususnya di Provinsi Kalimantan Selatan. Sebelum meninggalkan Banjarbaru dan kembali ke Jakarta, Sofyan A. Djalil melaksanakan shalat Jumat di masjid sekitar Kantah Banjarbaru. (her)


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

2 Comments:

  1. yuk teman teman yang hobby main game
    mari bergabung bersama kami
    di game penghasil duit dan banyak hadiah menanti anda
    buktikan sendiri y


    wwww.vodkapoker,site

    BalasHapus
  2. yuk teman teman yang hobby main game
    mari bergabung bersama kami
    di game penghasil duit dan banyak hadiah menanti anda
    buktikan sendiri y


    wwww.vodkapoker,site

    BalasHapus

Posting Komentar