sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Seni Budaya dan Hiburan

» » Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Sapu Beberapa Pohon di Wilayah Koramil 01/Purbalingga

Add caption
Purbalingga, Laras Post - seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) secara pokok memiliki tugas diantaranya meliputi mengumpulkan dan memelihara data pada aspek geografi, demografi, hingga sosial dan potensi nasional di wilayah binaannya. Hal ini meliputi banyak sekali aspek, yaitu aspek SDM, SDA, sarana-prasarana dan infrastruktur di wilayah binaannya. Contoh aplikasinya pada saat bencana alam terjadi di satu wilayah, maka Babinsa ini menjadi ujung tombak informasi awal operasi militer selain perang berupa operasi kemanusiaan TNI AD atau operasi gabungan dengan instansi lainnya.

Seperti yang di lakukan oleh Babinsa Koramil 01/Purbalingga, Hujan deras disertai angin kencang membuat beberapa pohon tumbang menutup akses jalan utama di beberapa wilayah kecamatan Purbalingga.(1/1/2020).


Diantaranya sebuah pohon ketapang besar yang berada di Jalan Letkol Isdiman Purbalingga Wetan sebagai jalan utama lingkar kota tumbang menutupi jalan, kemudian di Jalan Pasukan Pelajar Imam (Kingsan) purbalingga Wetan turut ambruk pohon menghalangi jalan bahkan menimpa becak milik Rohman(53) warga RT3/RW3 Kelurahan Purbalingga wetan yang sedang parkir berada di dekatnya, beruntung kerugian jiwa dilaporan nihil hanya kerugian material becak yang menjadi mata pencaharian Rohman mengalami rusak berat dengan ditaksir kerugian sebesar sekitar 1 juta rupiah.

Dijelaskan Sertu Sumardi Babinsa Koramil 01/Purbalingga yang segera turun membantu evakuasi setelah mendapatkan informasi dari piket bahwa masyarakat membutuhkan bantuan karena adanya bencana pohon tumbang di wilayah binaannya,"  tugas yang diemban seorang babinsa merupakan wujud dari kepedulian TNI-AD untuk senantiasa selalu berada di tengah-tengah masyarakat untuk mengatasi kesulitan rakyat, sesuai dengan delapan wajib TNI yang menjadi pedoman prajurit dalam menjalan tugas sehari-hari.


Ia juga menambahkan, evakuasi ini juga harus cepat dilakukan, mengingat pohon yang tumbang menutupi jalan yang merupakan akses utama di wilayah Kabupaten Purbalingga sehingga tidak mengganggu aktifitas warga yang menggunakan jalan ini.

Rohman(53) seorang warga yang becaknya turut terdampak ambruknya pohon, sangat mengapreasi apa yang dilakukan babinsa Koramil 01/Purbalingga bersama BPBD, tim SAR PRC dan masyarakat lainnya yang telah membantu warga untuk mengevakuasi pohon yang tumbang menimpa becaknya itu.


“Bangga kita sama babinsa yang selalu ada untuk warga nya, meskipun tidak pada jam dinas namun selalu bersiaga sigap untuk membantu warganya,”pungkasnya.
(Pendim0702/Purbalingga). (Agus P)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda