sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Seni Budaya dan Hiburan

» » Sungguh Ironis Kabupaten Blitar tak Miliki TPA

Tumpukan sampah.
Blitar, Laras Post - Hingga saat ini ternyata Pemerintah Kabupaten Blitar belum memiliki tempat pembuangan akhir (TPA) sampah. Dulu di Kelurahan Jengglong Kecamatan Sutojayan telah disiapkan tempat pembuangan akhir namun sejak dua tahun yang lalu ditutup warga.

Dengan di tutupnya area pembuangan sampah di Kelurahan Jengglong menyebabkan sampah tersimpan di tempat pembuangan sementara yang berada di kantung kantung sampah tiap kecamatan di seluruh Kabupaten Blitar. 

Hal ini menjadi permasalahan baru dimana sampah seharusnya ditampung tuntas di pembuangan akhir saat ini masih di pembuangan sementara.

Saat ditemui di kantornya Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar, Krisna mengatakan, memang saat ini terkait pembuangan sampah ini masih ditampung sementara di tempat-tempat penampungan sementara yang ada di Kabupaten Blitar, sambil menunggu ada tempat pembuangan akhir sampah. “Oleh karena penutupan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Kelurahan Jengglong oleh warga beberapa tahun lalu,” ujarnya.

Masih menurut Krisna saat ini Pemkab sedang menjalin kerjasama dengan Perhutani untuk sewa lahan yang dapat digunakan untuk menampung sampah. Namun hal ini perlu waktu yang agak panjang karena masih menunggu ijin dari Perhutani.

"Sebagai salah satu alternatif masyarakat diminta memanfaatkan lahan pekarangan untuk menampung sampah keluarga, bisa menjadi pupuk organik dan mengurangi jumlah sampah yang keluar," imbaunya.

Sementara itu, menurut warga yang hidup disekitar tempat pembuangan akhir (TPA) Kelurahan Jengglong menuturkan penutupuan TPA waktu itu lebih adanya arogansi dari petugas pengelola sampah. 

Seperti sampah diturunkan di depan pintu gerbang TPA, tidak adanya alat berat yang langsung menata sampah biat tidak menimbulkan bau dan tidak adanya kepedulian dari dinas terkait terhadap warga yang terdampak baik langsung ataupun tidak langsung.

Masih menurut warga jika semua itu diperhatikan dan dipenuhi usulan warga sebenarnya warga sekitar tidak keberatan TPA Kelurahan Jengglong di buka lagi.

"Kami menunggu dari Dinas Lingkungan Hidup untuk duduk bersama dengan warga dan Pemerintah kecamatan guna mencari solusi pembuangan sampah ini," tutupnya. (atok)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 Comments:

  1. yuk teman teman yang hobby main game
    mari bergabung bersama kami
    di game penghasil duit dan banyak hadiah menanti anda
    buktikan sendiri y


    wwww.vodkapoker,site

    BalasHapus

Posting Komentar