sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Seni Budaya dan Hiburan

» » Turunkan Intesitas Hujan, TNI AU Bersama BPPT Laksanakan Operasi TMC

Kadispenau Marsma TNI Fajar Adrianto.

Jakarta, Laras Post - Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang dilaksanakan TNI Angkatan Udara (AU) bersama BPPT telah menurunkan 30 persen hingga 50 persen intensitas hujan di Jabodetabek.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU Marsma TNI Fajar Adrianto usai memantau operasi TMC di Skadron Udara 2, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (9/1/2020).

“Berdasarkan statistik, kita bisa mengurangi antara 30 persen sampai 50 persen dari hujan yang seharusnya jatuh di sini (Jabodetabek),” ucap perwira tinggi TNI AU berbintang satu ini.

Modifikasi cuaca dilakukan dengan menaburkan garam di awan aktif di sekitar wilayah Selat Sunda. Harapannya, hujan turun di lokasi tersebut sebelum mencapai permukiman. "Dengan demikian, wilayah Jabodetabek terhindar dari hujan," ujar Kadispenau.

Dalam penerbangan untuk menaburkan garam ke awan aktif, TNI berkoordinasi dengan BPPT, BNPB, dan BMKG. Menurut Fajar, dari koordinasi sejauh ini, hujan juga diprediksi akan terjadi di Jabodetabek hingga akhir Januari dengan intensitas cukup tinggi.

Dengan begitu, operasi TMC otomatis akan dilakukan hingga akhir bulan nanti. ”Sehingga kami tetap beroperasi sambil berkoordinasi terus, sehari bisa 2 sampai 4 penerbangan (semai garam),” tegasnya.(sg/dispenau)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda