sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Seni Budaya dan Hiburan

» » Asah dan Pelihara Kemampuan Perorangan Prajurit Kodim Purbalingga Gelar UTP Umum Tahun 2020

Komandan Kodim 0702/Purbalingga Letkol Inf Yudhi Novrizal, S.I.P., M.Han ketika arahan, di Kompleks Makodim 0702/Purbalingga.
Purbalingga, Laras Post - Kodim 0702/Purbalingga  menyelenggarakan Uji Terampil Perorangan (UTP) umum Teritorial dan intelijen yang bertempat di Kompleks Makodim 0702/Purbalingga dengan diikuti oleh seluruh personil jajarannya. (11/2/2020)

Kegiatan UTP umum ini merupakan kelanjutan dari Latorsar (Latihan Perorangan Dasar) yang telah dilaksanakan awal Januari sampai dengan minggu pertama Februari 2020 dengan tujuan untuk menguji tingkat keterampilan perorangan sesuai dengan tingkat kecakapan yang dimiliki (BPUP) agar nantinya  mampu mengaplikasikan dalam melaksanakan tugas pokoknya.

Sebelum dilaksanakan UTP terlebih dahulu para personil mengikuti Latorsar (Latihan Perorangan Dasar). Selama pelaksanaan Latorsar terlebih dahulu mendapatkan materi yang bersifat keterampilan militer umum, teritorial dan intelijen antara lain :Teknik Tempur Dasar, Navigasi Darat, Pertolongan Pertama di Lapangan, Pengetahuan Senjata Ringan, 5 Kemampuan Teritorial, Binwanwil, Binkomsos serta Ketatalaksanaan Binter.


Komandan Kodim 0702/Purbalingga Letkol Inf Yudhi Novrizal, S.I.P., M.Han dalam arahannya menyampaikan, “Dengan adanya UTP Umum ini diharapkan dapat mengasah kembali kemampuan kepekaan dan kepedulian para anggota di wilayah, peka terhadap persoalan serta selalu dapat mendengar getaran aspirasi apapun yang berkembang dan yang terjadi di wilayahnya serta dapat melaksanakan deteksi dini, cegah dini,  temu cepat dan lapor cepat terhadap ancaman yang dapat membahayakan keutuhan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” papar Beliau.

Adapun materi yang diujikan meliputi kemampuan militer umum, teritorial dan intelijen, antar lain meliputi 5 Kemampuan Teritorial yakni materi  Kemampuan Temu cepat & Lapor cepat, Kemampuan Manajemen Teritorial, Kemampuan Penguasaan Wilayah, Kemampuan Perlawanan Rakyat, Komunikasi Sosial dan lainnya sesuai dengan tugas pokok prajurit Kodim 0702/Purbalingga sebagai aparat teritorial. Kegiatan Uji Terampil Perorangan (UTP) umum ini merupakan tahapan Proglatsi (Program latihan standarisasi) yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut. UTP direncanakan dilaksanakan selama 3 hari dengan tingkat keterampilan yang di ujikan meliputi ketrampilan sesuai BPUP 3 s/d 7.


"Tujuan diadakannya Uji Terampil Perorangan Umum ini adalah menguji kemampuan perorangan yang dimiliki oleh Prajurit sesuai dengan kecakapan pada BPUP masing-masing. Sehingga didapatkannya suatu data kualitatif yang valid tentang pemahaman dan penguasaan prajurit terhadap pengetahuan dan keterampilan umum sesuai tingkat kecakapan masing-masing untuk kepentingan pembinaan personil dan pembinaan latihan demi mendukung tugas pokok agar tercapai dengan optimal," tambah Pengendali Latihan (DALLAT) Kapten Arm Mindoko.(Pendim 0702/Purbalingga). (Agus P)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda