sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Seni Budaya dan Hiburan

» » Hakim Tolak Seluruh Gugatan Pemohon, Status Tersangka Asep Pondus Berlanjut


Bandung, Laras Post - Sidang praperadilan di Pengadilan Negeri  Bale Bandung Kelas I A dengan pemohon atas nama Asep Saepudin dan termohon Kapolres Cimahi digelar pada Selasa, (21/2/2020) pukul 14.00 WIB s/d 15.00 WIB. 

Hakim tunggal Dame Parulian Pandiangan, S.H., memimpin sidang ini didampingi Panitera Pengganti Budi Permana, S.H., dengan agenda sidang putusan dengan amar putusan.

Sidang untuk register perkara bernomor: 04/Pid.Pra/2020/PN.Blb ini, menghadirkan termohon penyidik Polres Cimahi Polda Jabar, seperti Kombes Pol Dr. Yoslan, S.H., M.H., AKBP H. Abdul Sobur, A.Ag., M.H., Kompol Agus Jamaludin, S.H., Kompol Hotben Gultom, S.H., Pembina Anang Usman, S.H., M.Si., AKP Katarina Widyawati, S.H., AKP Yohanes Redhoi Sigiro, S.H., S.I.K., Iptu Siptu Dwi Laksono, S.H., dan Bripka Yogas Isnaeni, S.H.

Dalam amar putusan, hakim tunggal menyatakan 1) bahwa permohonan pemohon ditolak seluruhnya, 2) Biaya perkara dibebankan kepada pihak pemohon. Hakim memutuskan bahwa bahwa penetapan tersangka oleh Termohon terhadap Pemohon terkait tindak pidana penipuan dan penggelapan sebagai dimaksud dalam pasal 378 dan 372 KUHP adalah sah demi hukum, dan sesuai dengan pasal 1 angka 14 KUHAP. 

Hakim juga menyatakan bahwa bukti yang ditunjukkan Pemohon dikesampingkan karena tidak ada aslinya, serta pengajuan saksi dari Pemohon ditolak. “Bahwa perjanjian antara pihak Pemohon dan pihak Termohon dibatalkan sepihak oleh pihak Pemohon," kata hakim.

Sidang pertama praperadilan ini dilaksanakan minggu lalu, Senin  tanggal 17 Februari 2020. Dalam petitumnya, pemohon meminta kepada Hakim yang memeriksa dan mengadili perkara praperadilan untuk menyatakan bahwa penetapan Tersangka  oleh Termohon terkait tindak pidana penipuan dan penggelapan sebagaimana dimaksud dlm pasal 378 dan  372 KUHP adalah tidak sah dan batal demi hukum.

Tindakan Penyidik sudah Sesuai Hukum
Pada prinsipnya, praperadilan terhadap penetapan tersangka dapat mendorong perlindungan yang lebih baik dari tindakan para penyidik di kemudian hari sekaligus menjadi koreksi atas tindakan penyidik. 

Praperadilan dianggap sebagai wujud check and balance terhadap penyidik yang selama ini mengatasnamakan penegakan hukum. Lewat praperadilan atas penetapan tersangka, tindakan abuse of power atau penyalagunaan kewenangan oleh penyidik bisa dihindari. 

Penolakan hakim Dame P Pandiangan, S.H. atas petitum pemohon praperadilan membuktikan bahwa penyidik Polri c.q Polda Jabar c.q Polres Cimahi sudah profesional dan menetapkan terlapor Asep Saepudin alias Asep Pondus sebagai tersangka. 

“Kami tentunya akan kembali melanjutkan perkara ini. Untuk selanjutnya berkoordinasi dengan kejaksaaan, memeriksa tersangka, dan melimpahkan berkasnya. Penahanan masih kami pertimbangkan, belum bisa kami jawab,” kata AKP Yohanes Redhoi Sigiro, S.H., S.I.K. Kasatreskrim Polres Cimahi kepada media, Selasa (21/2/2020). (desmanjon) 

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

2 Comments:

  1. yuk teman teman yang hobby main game
    mari bergabung bersama kami
    di game penghasil duit dan banyak hadiah menanti anda
    buktikan sendiri y


    wwww.vodkapoker,site

    BalasHapus
  2. yuk teman teman yang hobby main game
    mari bergabung bersama kami
    di game penghasil duit dan banyak hadiah menanti anda
    buktikan sendiri y


    wwww.vodkapoker,site

    BalasHapus

Posting Komentar