sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Seni Budaya dan Hiburan

» » Kelurahan Jatirahayu Bersama UPTD LH Pondok Melati Lakukan Normalisasi Kali Harun

Ketua RW 19 Kelurahan Jatirahayu Toto saat memantau pengerjaan normalisasi Kali Harun.

Bekasi, Laras Post - Banjir yang terjadi di wilayah Rw 19 Kelurahan Jatirahayu, Kecamatan Pondok Melati Kota Bekasi forum RW, kelurahan dan kecamatan bersama jajaran Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kecamatan dan Dinas PUPR, bergotongroyong melakukan pengerukan sampah dan lumpur di Kali Harun di wilayah RW 10 kelurahan Jatirahayu kecamatan Pondok Melati Kota Bekasi, Rabu (26/2/2020).

Ketua RW 19 Toto menyampaikan, adanya keseriusan warga RW 19, yang terdampak banjir di setiap musim penghujan akibat dangkalnya kali Harun. "Untuk itu secara inisiatif warga pun melakukan swadaya untuk penggalangan dana sukarela untuk mendanai kegiatan operasional pengerukan Kali harun tersebut," kata Toto.

Lurah Jatirahayu, Amirudin sangat mengapresiasi tindakan warga RW 19 untuk melakukan pengerukan sampah maupun lumpur di Kali Harun tersebut.

Sehingga menggugah Wakil Walikota Bekasi Dr. Tri Adianto yang sempat menyambangi lokasi pematusan di wilayah RW 10 Kelurahan Jatirahayu tersebut.

Pengerukan Kali Harun.
“Hampir setiap tahun, di musim penghujan lingkungan warga kami kebanjiran. Makanya, warga berinisiatif melakukan normalisasi dengan cara pemantusan  mengeruk sampah dan lumpur Kali harun. Agar aliran air lebih lancar, hingga tidak menggenangi pemukiman warga jika hujan deras,” terang Toto.

Lurah Jatirahayu yang diwakili Kasi Permasbang Embas menuturkan, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi membantu wargan melakukan normalisasi kali harun. Mulai dari aparat UPTD Lingkungan hidup pondok melati dinas PUPR, dan seluruh elemen masyarakat.

"Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu. Mudah-mudahan kebersamaan dan kekompokan ini, dapat terus terjalin dalam kegiatan-kegiatan sosial lainnya di lingkungan masyarakat Jatirahayu," ucap Embas.

Pengerukan sungai ini, lanjutnya dilakukan warganya secara manual. Sedikitnya ada 35 lebih warga bersama Dinas lingkungan hidup, yang terjun langsung dalam kegiatan gotong royong tersebut, agar pengerukan berlangsung cepat dan lancar. 

"Alhamdulillah, ini hari yang ke 13 yang sudah kami lakukan kegiatan ini,” ujarnya.

Tak hanya warga pihak pemerintah dan aparatur kelurahan pun turun tangan membantu warga melakukan pemantauan. Suasana kebersamaan pun semakin menambah semangat warga untuk bergotongroyong. 

“Mudah-mudahan setelah dilakukan pengerukan, lingkungan tempat tinggal masyarakat RW 19 dan sekitarnya  tidak lagi terendam banjir. Karena jika sudah terendam banjir, maka sangat mengganggu aktivitas masyarakat,” imbuhnya. (egi)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda