sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Selebrity

Seni Budaya dan Hiburan

» » Meneg BUMN Resmikan Pameran Tunggal Srihadi Soedarsono 'Man x Universe'

Meneg BUMN Erick Thohir saat meninjau lokasi pameran Tunggal Srihadi Soedarsono 'Man x Universe' usai peresmian di Gedung Galnas, Rabu (11/03) malam.

Jakarta, Laras Post - Menteri BUMN, Erick Thohir secara resmi membuka pameran tunggal maestro Srihadi Soedarsono di depan Gedung A, Galeri Nasional Indonesia, Rabu (11/03/2020) malam.

Pada kesempatan itu juga dluncurkan Buku Srihadi Soedarsono Man x Universe yang mengisahkan perjalanan panjang Sang Maestro.

Pameran bertajuk 'Man x Universe' menghadirkan 44 lukisan karya Srihardi Soedarsono mulai dibuka untuk umum pada Kamis (12/03/2020) pagi.

Menteri BUMN ke-9 Kabinet Indonesia Maju itu mengatakan, tahun ini merupakan momen spesial karena masyarakat bisa menyaksikan karya pejuang kemerdekaan Indonesia.

"Alhamdulillah tadi dalam pembicaraan bersama Pak Srihadi kita bicara soal menjadi Indonesia Maju, ada dua komponen yang tak boleh dilupakan. Yakni cinta dan alam," ucap Erick Thohir saat pembukaan pameran didampingi Sang Maestro dan Kepala Galeri Nasional.

Bangsa Indonesia tidak mungkin menjadi negara maju tanpa mencintai karya seni dan budayanya.

"Saya lihat inilah kekuatan bangsa kita sampai hari ini. Istilah gotong royong karena saling mencintai. Tadi yang Pak Srihadi bilang tanpa pamrih dan tulus," ungkap Erick.

Hal kedua yang disebut Erick Thohir adalah alam. "Padahal yang dilihat yang maju sekarang adalah alam kita dan sumber daya alam, apakah itu batubara, minyak, dan lain-lain. Yang harus dijaga untuk tambahan industri pariwisata," ujarnya.

Pada akhir sambutan, Erick Thohir memuji lukisan-lukisan lanskap yang dilukis Srihadi Soedarsono sepanjang kariernya. Bahkan seri Borobudur maupun pemandangan alam disebutnya yang berbeda dari pelukis kebanyakan.

"Alhamdulillah saya mendapat kesempatan luar biasa membuka pameran tunggal 'Man x Universe', kalau dibedah karya Pak Srihadi nggak bakal habis sampai besok," ucap Erick lagi.

Pameran tunggal Srihadi Soedarsono dibuka di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia, sampai 9 April 2020.

Kisah Sungai Emas Papua dan Banjir Jakarta
Pameran tunggal ini menampilkan 44 lukisan-lukisan bentang alam (landscape) karya maestro lukis Prof. Kanjeng Pangeran Srihadi Soerdarsono Adhikoesoemo, M.A. yang diproduksi dalam rentang tahun 2016-2020.

Kurator pameran ini Dr. A. Rikrik Kusmara, M.Sn., mengelompokkan karya Srihadi dalam empat rumpun besar, yakni Social Critics (Papua Series, Bandung Series, dan Field of Salt), Dynamic (Jatiluwih Series dan Energy of Waves), Human & Nature (Mountain Series, Tanah Lot Series, Gunung Kawi Series), Contemplation (Horizon Series dan Borobudur Series)
Karya-karya yang dipamerkan antara lain Horizon  The Golden Harvest (2018), Borobudur Drawing (1948), Borobudur  The Energy of Nature (2017), Mt. Bromo  The Mystical Earth (2017), Papua  The Energy of Golden River (2017), The Mystical Borobudur (2019), dan Jakarta Megapolitan Patung Pembebasan Banjir (2020).

Seri lukisan landscape merupakan salah satu pendekatan yang sangat dikenal menjadi ciri khas karya-karya Srihadi.

Lukisan landscape dalam konteks pameran ini adalah lukisan yang memiliki struktur bentang alam, daratan (bumi), langit, dan unsur-unsur di antaranya.

Sang Maestro menginterpretasikan keindahan landscape Indonesia sebagai semangat spiritual atas rasa kemerdekaan dan kebanggaan berbangsa.

"Sebab landscape dalam perspektif Srihadi adalah tema yang lebih dalam dari sekadar lukisan pemandangan yang menghipnotis orang asing untuk datang berkunjung," pungkas Rikrik.(sg)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

2 Comments:

  1. yuk teman teman yang hobby main game
    mari bergabung bersama kami
    di game penghasil duit dan banyak hadiah menanti anda
    buktikan sendiri y


    wwww.vodkapoker,site

    BalasHapus
  2. yuk teman teman yang hobby main game
    mari bergabung bersama kami
    di game penghasil duit dan banyak hadiah menanti anda
    buktikan sendiri y


    wwww.vodkapoker,site

    BalasHapus

Posting Komentar