sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Selebrity

Seni Budaya dan Hiburan

Pendidikan

» » Pengusaha Tahu Tempe Keluhkan Kenaikan Harga Kedelai yang Terus Merangkak Naik

Salah satu produsen tahun tempe di bilangan Pondok Melati Kota Bekasi.
Bekasi, Laras Post - Para pengusaha tahu di Kota Bekasi persisnya wilayah Kecamatan Pondok Melati mengeluhkan kenaikan harga kedelai yang setiap hari terus merangkat naik.

Kenaikan tersebut dikisaran antara 20 persen sampai 30 persen, hal itu terkait dampak dari merebaknya virus corona (Covid-19) yang melanda wilayah Indonesia bahkan menjadi Pandemi Global.

Dari pantauan Laras Post Saat mengunjungi salah satu produsen  Tahu dan Tempe di wilayah Kecamatan Pondok Melati dan  di sejumlah Pasar tradisional salh satunya Pasar Pondok Gede dan Pasar Kranggan harga kedelai saat ini naik menjadi Rp 7.500,- per kilogram, yang sebelumnya di kisaran harga Rp 6.600 per kilogram.

"Kenaikan harga kedelai dari semula Rp 6.600,- kini sudah mencapai Rp 7.500,- perkilogram," ungkap salah seorang Pengusaha Tahu & Tempe berinisial TS, Kamis (19/3/2020).

Dia mengungkapkan, kenaikan harga kedelai itu secara bertahap sejak dua pekan terakhir ini. Ditengarai adanya pengaruh dari peredaran kedelai saat ini yang mengandalkan impor karena merebaknya virus corona yang telah menjadi Pandemi Global.

"Para Distributor itu biasanya minta berapapun dipasok. Namun saat ini permintaan sangat dibatasi," ujarnya.

Dengan naiknya harga kedelai setiap harinya para pengusaha tahu, juga mengalami penurunan. Biasanya permintaan para pengrajin tahu dan tempe setiap hari membutuhkan 50 kilogram lebih namun saat ini hanya dipatok 10 kilogram. "Otomatis produksi menjadi turun, biasanya ambil 50 kilogram saat ini hanya 10 kg," katanya.

Untuk menyikapi hal itu para pengusaha tahu dan tempe di wilayah tersebut tetap memproduksi sesuai permintaan pasar namun memperkecil ukuran. Hal itu pun masyarakat dapat memahami dengan kenaikan bahan pokok yang terjadi akhir akhir ini.

"Untuk Penjualan saat ini kami mengirim sampai ke luar Jabodetabek seperti ke wilayah Karanganyar Jawa tengah," ucapnya.

Sementara distributor kedelai mengaku sejak dua pekan terkahir ini harga kedelei mengalami kenaikan dari semula Rp 6.900 kini menjadi Rp 7.500.

"Meski terjadi kenaikan harga kedelai namun tidak terpengaruh terhadap penjualan. Para pengrajin tahu-tempe setiap hari permintaan 5 kwintal hingga 1 ton," tutupnya.(egi)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

2 Comments:

  1. yuk teman teman yang hobby main game
    mari bergabung bersama kami
    di game penghasil duit dan banyak hadiah menanti anda
    buktikan sendiri y


    wwww.vodkapoker,site

    BalasHapus
  2. yuk teman teman yang hobby main game
    mari bergabung bersama kami
    di game penghasil duit dan banyak hadiah menanti anda
    buktikan sendiri y


    wwww.vodkapoker,site

    BalasHapus

Posting Komentar