sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Seni Budaya dan Hiburan

» » Tak Hanya Berpangku Tangan, Persit Kodim 0702/Purbalingga Optimalkan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Rumahnya

Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Yudhi Novrizal, S.I.P., M.Han saat menyambangi perumahan dinas Kodim 0702/Purbalingga dan menyapa ibu-ibu Persit di Kelurahan Bojong Kabupaten Purbalingga. 
Purbalingga, Laras Post - Optimalisasi pemanfaatan pekarangan dilakukan dengan berbagai metode diantaranya, upaya pemberdayaan keluarga untuk mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga. Upaya ini dilakukan dengan membudidayakan berbagai jenis tanaman sesuai kebutuhan pangan keluarga seperti aneka umbi, sayuran, buah, serta budidaya ternak kecil dan ikan sebagai tambahan untuk ketersediaan pangan sumber karbohidrat, vitamin, mineral, dan protein bagi keluarga pada suatu kawasan perumahan sehingga dapat terbentuk sebuah kawasan yang kaya akan sumber pangan yang diproduksi sendiri dari hasil optimalisasi pekarangan.


Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan pertanian berkelanjutan, antara lain dengan membangun kebun bibit dan mengutamakan sumber daya lokal disertai dengan pemanfaatan pengetahuan lokal  sehingga kelestarian alam pun terjaga seperti yang dilaksanakan oleh Persatuan istri prajurit (Persit) Kodim 0702/Purbalingga salah satunya yaitu memanfaatkan lahan kosong disamping rumahnya untuk lahan pertanian dalam rangka membantu ketercukupan sumber pangan dengan istilah Pekarangan Pangan Lestari(P2L).

Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Yudhi Novrizal, S.I.P., M.Han disela-sela kesibukannya setelah melaksanakan kegiatan menembak di lapangan tembak Yonif 406/CK, pada  Rabu (4/3/2020), menyempatkan menyambangi perumahan dinas Kodim 0702/Purbalingga di Kelurahan Bojong Kabupaten Purbalingga dan menyapa ibu-ibu Persit yang asyik merawat kebun di pekarangan rumahnya dengan berbagai tanaman bermanfaat menuturkan


"Ketersediaan pangan dalam jumlah yang cukup sepanjang waktu merupakan keniscayaan yang tidak terbantahkan. Hal ini menjadi prioritas pembangunan pertanian nasional dari waktu ke waktu. Ke depan, setiap rumah tangga diharapkan mengoptimalisasi sumber daya yang dimiliki, termasuk pekarangan, dalam menyediakan pangan bagi keluarga melalui kegitan P2L ini," harap Dandim. (Agus P)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

2 Comments:

  1. yuk teman teman yang hobby main game
    mari bergabung bersama kami
    di game penghasil duit dan banyak hadiah menanti anda
    buktikan sendiri y


    wwww.vodkapoker,site

    BalasHapus
  2. yuk teman teman yang hobby main game
    mari bergabung bersama kami
    di game penghasil duit dan banyak hadiah menanti anda
    buktikan sendiri y


    wwww.vodkapoker,site

    BalasHapus

Posting Komentar