sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Seni Budaya dan Hiburan

» » Mengenal Profesi Wartawan Lebih Dekat

Foto: Ilustrasi
Wartawan atau jurnalis atau pewarta adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau orang yang secara teratur mencari dan menuliskan berita (berupa laporan) dan tulisannya dimuat di media massa secara teratur.

Seorang wartawan harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan kemampuan untuk menuliskan fakta atau peristiwa menjadi sebuah artikel yang menarik dan logis. Dalam menulis berita, seorang wartawan juga harus memahami penggunaan bahasa secara tepat dengan mengikuti kaidah-kaidah bahasa sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

See detail
Jika Anda adalah salah satu orang yang tertarik dalam bidang jurnalistik dan ingin menjadi seorang wartawan, berikut adalah beberapa hal yang akan membuat Anda mengenal lebih dekat profesi seorang wartawan.

1. Wartawan adalah profesi yang bersifat menuntut, jadi Anda harus tahan tekanan

Seorang wartawan akan dituntut untuk mencari dan menulis berita setiap harinya. Rutinitas tersebut tentunya penuh dengan tekanan baik dari atasan, narasumber maupun para pembaca berita Anda. Tidak seperti pekerja kantoran biasa yang memiliki jam kerja pasti, seorang wartawan akan dituntut untuk selalu siap dan siaga. Kapanpun, dimanapun, apapun yang sedang Anda lakukan dan bagaimanapun perasaan Anda, jika terjadi suatu peristiwa penting maka Anda harus mengesampingkan semuanya demi mendapatkan berita ekslusif dari tempat kejadian secara langsung. Jadi, jadwal Anda tidak akan menentu dalam sehari.

2. Jadwal kerja tak menentu dan jarang mengenal libur

Anda tidak dapat memprediksi kapan sebuah peristiwa penting akan terjadi. Maka seperti yang dibahas sebelumnya bahwa wartawan tidak memiliki jam kerja yang pasti. Jika Anda sedang meliput sebuah peristiwa secara langsung, Anda bisa menunggu hingga berjam-jam bahkan berhari-hari. Selain itu, suatu lembaga atau korporasi juga dapat mengundang wartawan ke acaranya kapan saja, baik malam maupun pagi buta sekalipun tanpa mengenal hari kerja ataupun akhir pekan.


Jika Anda adalah seseorang yang tidak mudah beradaptasi dan sulit untuk bekerja di lingkungan baru, menjadi wartawan sepertinya bukanlah pilihan karir yang cocok untuk Anda. Wartawan seringkali ditugaskan pergi keluar kota bahkan keluar negeri karena tuntutan pekerjaan. Jadi, meskipun jarang mengenal hari libur, seorang pencari berita justru harus bersedia berpergian. Oleh karena itu, Anda dituntut untuk fleksibel dan mampu meliput berita dalam berbagai situasi.

4. Bertemu banyak orang penting

Menjadi seorang wartawan berarti Anda harus terbiasa bertemu dengan orang penting. Beberapa teman Anda mungkin akan merasa iri saat tahu Anda melakukan wawancara atau liputan bersama dengan Presiden, Menteri hingga orang-orang terkenal lainnya. Yang tidak mereka tahu adalah untuk melakukan hal tersebut Anda harus berebut dan berdesakan dengan puluhan wartawan lainnya. Meski demikian, memiliki kesempatan bertemu dengan orang-orang penting tetap merupakan kebanggaan tersendiri bagi para pencari berita.

5. Akrab dengan stress dan deadline

Berita terkini adalah berita yang paling banyak dicari dan disukai para pembaca. Oleh karena itu, seorang wartawan akan selalu dikejar oleh deadline tiada henti. Media tempat Anda bekerja tentu ingin menjadi yang pertama dalam menerbitkan sebuah berita, apalagi jika hal tersebut merupakan peristiwa penting. Rutinitas seperti itu bisa membuat Anda merasa tertekan hingga rentan terkena stress.

6. Penolakan adalah hal biasa

Seorang wartawan akan seringkali mengalami berbagai penolakan, seperti penolakan untuk melakukan wawancara dengan narasumber atau penolakan untuk masuk ke suatu tempat tertentu. Sebagai wartawan, Anda harus kebal terhadap penolakan-penolakan tersebut. Dan jika sudah demikian, Anda harus memutar otak dan mencari cara agar tetap dapat menghasilkan berita yang bagus dan terpercaya.

7. Rentan diancam bahkan diteror

Sebuah berita haruslah disajikan secara aktual berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan. Namun, kadang ada beberapa pihak yang merasa dirugikan dan tidak terima dengan pemberitaan tersebut hingga wartawan yang menulisnya menjadi sasaran. Oleh karena itu, Anda harus selalu waspada karena wartawan rentan dengan ancaman bahkan hingga teror. Jadi, masih ingin menjadi wartawan?

Setelah membaca artikel diatas, tentu Anda akan menyadari bahwa menjadi seorang wartawan atau jurnalis bukanlah profesi yang mudah. Akan tetapi, pekerjaan tersebut sangat cocok untuk Anda yang gemar menulis, tahan banting dan menyukai tantangan-tantangan baru. Jika Anda ingin menjadi seorang wartawan, jadilah wartawan yang berbobot dengan menyebarkan berita berdasarkan fakta dan sumber yang terpercaya. Semoga informasi dari LINE Jobs selalu bermanfaat dan memberikan motivasi bagi Anda. (Penulis : Dewi Tifani)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

3 Comments:

  1. Hari baik untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Ny. Nurliana Novi, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah sepenuhnya mendukung saya melalui ibu, Nyonya Elina yang baik

    Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Elina, yang adalah pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ny. Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi. Mereka akan mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Mereka juga memiliki tim ahli di sana yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah mengalami kebangkrutan lagi dalam hidup Anda.

    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina karena membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi Mrs. Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini, oke

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut via email saya: nurliananovi96@gmail.com

    BalasHapus
  2. Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Perencanaan Bisnis, Komersial dan Pengembangan Keuangan, Properti dan Hipotek, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Swasta, Pinjaman Pembiayaan Kembali Rumah dengan suku bunga rendah per tahun untuk perorangan, perusahaan dan badan hukum. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami. Pelamar yang tertarik harus Hubungi kami
    WhatsApp ::::::::::+6282274045059
    Tel ::::::::: (+44) 7480729811
    Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum wr.wb




    Kami di Arab Credit Group telah luar biasa ketika datang untuk membantu orang-orang dalam masalah keuanganan mereka dengan utang yang tak terhitung jumlahnya untuk membayar, tugas kami adalah untuk membantu Anda dengan pinjaman untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda, dan menjadi keuangan yang stabil lagi. platform pembayaran kami sederhana, kami menyediakan Anda dengan suku bunga terendah 2% pinjaman Anda dapat menemukan, Arab Credit Group adalah Perusahaan pinjaman yang dimiliki oleh Keluarga Arab kami, kami telah memutuskan untuk membantu saudara-saudari kami untuk menjadi kuat secara finansial seperti yang diperintahkan Tuhan. kami di sini untuk memberi Anda bantuan untuk sukses dalam hidup.

    Hubungi kami dengan.
    Perusahaan: Arab Credit Group
    Email: Arabcreditgroup@gmail.com
    Pin BBM: {E39B5EE5}  

    BalasHapus

Posting Komentar