sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Seni Budaya dan Hiburan

» » Pembentukan Relawan Satgas Covid-19 Tingkat Desa, Babinsa Ikut Hadir

Pembentukan relawan tanggap corona diDesa Penaruban Kecamatan Kaligondang.
Purbalingga, Laras Post - Korban semakin hari semakin bertambah guna memutus mata rantai Covid-19 Desa Penaruban Kecamatan Kaligondang  turut membentuk satgas relawan Covid-19 tingkat Desa. Kegiatan bertempat di rumah Ibu Ida Rt 03 Rw 07, (12/04/2020).

Pembentukan relawan tanggap corona ini, menindaklanjuti surat edaran Kementerian Desa, Pembangunan Daerah dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa.

Pelda Waluyo mengatakan, pembentukan desa tanggap Covid-19 tersebut sebagai upaya untuk pencegahan dan penanganan terhadap virus corona yang kemungkinan wabahnya perlahan-lahan mulai merambah hingga ke desa.

“Relawan tanggap covid-19 ini mempunyai peranan untuk melakukan pencegahan setelah mengenali gejalanya, menangani ketika ditemukan kasus dan mengantisipasi secara terus menerus dengan berkoordinasi bersama pemerintah daerah,” kata Waluyo.


Dalam struktur pembentukan relawan gugus tugas Covid-19 tersebut, Kepala Desa menjadi ketua dan wakilnya adalah Ketua Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) serta anggotanya terdiri dari seluruh perangkat anggota BPD, Ketua RT, RW, Pendamping Lokal Desa dan berbagai pendamping yang ada didesa baik dari Kemensos, BKKBN maupun pendamping lainnya.

“Sedangkan kita Babinsa, Babinkamtibmas dan level lainya yang berasal dari instansi vertikal lain sebagai mitra mitra dari relawan tersebut,” ujarnya.

Relawan ini nanti akan memastikan tidak ada kegiatan warga berkumpul dengan kerumuman banyak orang seperti hajatan pernikahan, tontonan/hiburan massa dan kegiatan serupa lainnya. Seandainya ada warga yang terpapar Virus Corona, Relawan bekerja sama dengan rumah sakit rujukan atau puskesmas setempat. Kemudian penyiapan ruang isolasi di desa. Selanjutnya merekomendasikan warga yang baru pulang dari daerah terdampak Covid-19 untuk lakukan isolasi diri.

“Setelah terbentuk relawan covid-19, relawan ini nanti diharapkan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai harapan kita semua,” harap Waluyo. (Pendim 0702/Purbalingga). (Agus P)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda