sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Selebrity

Seni Budaya dan Hiburan

Feature

» » Perlu Tingkatkan Kesadaran Bersama Menyikapi Penyebaran COVID – 19

Sosiolog Universitas Indonesia Imam Prasodjo saat gelar diskusi di Graha BNPB, Jakarta.
Jakarta, Laras Post – Semua pihak diharapkan untuk meningkatkan kesadaran terhadap penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab COVID–19. Pasalnya, penyebaran wabah ini masih terus terjadi. Gugus Tugas mencatat kasus positif per Rabu (22/4/2020) mencapai 7.418.

Sosiolog Universitas Indonesia Imam Prasodjo mengatakan, salah satu cara yang efektif dalam menghadapi pandemi COVID-19, yaitu meningkatkan kesadaran. “Ini adalah bukan hal yang main-main. Kita tahu, tantangan kita, adalah bagaimana mengurangi kemungkinan membanjirnya pasien,” kata saat gelar diskusi di Graha BNPB, Jakarta, pada Kamis (23/4/2020).

Imam menunjuk contoh apa yang terjadi di Italia. “Pasien di negara maju seperti Italia mengalami kelabakan. Negara semaju itu terjadi sistem kesehatan yang tidak berjalan dengan baik. Kemudian, banyaknya pasien yang berduyun-duyun ke rumah sakit. Dokter bertumbangan. Terus alat-alat kesehatan kurang. Nah, itu jangan sampai terjadi,” ujarnya.

Sosiolog Universitas Indonesia itu mengingatkan, masih bagusnya kondisi krisis seperti itu tidak terjadi di daerah yang fasilitas dan sumber daya manusianya terbatas. “Apalagi, kalau ini terjadi di desa-desa, di daerah-daerah. Jakarta sekarang saja sudah kewalahan, apalagi kalau di kabupaten-kabupaten yang tenaga medisnya sangat terbatas,” tandasnya.

Menurut Imam, sangat penting semua pihak meningkatkan kesadaran untuk melawan COVID – 19. “Kondisi yang dihadapi saat ini sangat serius,” tegasnya. 

Selain itu, juga sangat penting membangkitkan solidaritas masyarakat di tengah krisis COVID – 19, yakni saling membantu. “Solidaritas dalam bentuk apa pun dapat disumbangkan kepada mereka yang terimbas dampak penyebaran virus ini,” ucap Imam. (her, sg)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda