Breaking News

,

Petani Pahlawan Pangan Saat Pandemi, Stok Aman Hingga Oktober


OKI Sumsel, Laras Post - Di tengah mewabahnya Covid-19, petani di Ogan Komering Ilir melakukan panen raya. Tak kurang dari 26.633 hektare lahan di OKI siap panen pada puncak panen raya April 2020 ini.

Dari luasan tersebut produktivitas lahan yang ditarget mencapai 135.056 ton (gkg) atau setara dengan 86.096 ton beras.

Panen raya yang dilakukan para pahlawan pangan di OKI ini disiapkan untuk mencukupi kebutuhan pangan pokok, beras selama masa pandemi.

"Konsumsi beras warga OKI berkisar 8.046 ton per bulan ditambah pendatang dan kebutuhan non rumah tangga seperti rumah makan, rumah sakit dan lembaga permasyarakatan kebutuhan perbulan mencapai 9.413 ton. Untuk beras sampai dengan Oktober aman," ngkap Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Ketahanan Pangan Kabupaten OKI, Ir. Syahrul, M. Si pada giat panen raya virtual petani OKI bersama Menteri Pertanian RI di Desa Lubuk Seberuk, OKI, Selasa (14/4).

Bahkan tambah Sahrul, berdasarkan perhitungan empiris, ketersediaan beras di Kabupaten OKI mampu surplus 339, 513 ton sampai dengan Oktober 2020.

Surplus ini tambah dia menandakan kesiapan dan stok pangan daerah kian terjamin selama pandemi virus corona, bahkan aman selama puasa dan pasca Lebaran. 

"Tidak ada yang perlu dikhawatirkan untuk ketersediaan pangan," terang Sahrul.(Mat Ys)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai