Breaking News

,

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, RSD Wisma Atlet Memulangkan 150 ABK MV Freedom & MV Carnival Valor

Letkol Laut (K) M.Arifin sebagai pengendali tower tujuh  RSD Covid- 19 saat mengumumkan WNI yang melaksanakan repatriasi di Rumah Sakit Darurat Covid-19   Wisma Atlet Kemayoran dan Wisma Karantina Pademangan, Jakarta Utara. 
Jakarta, Laras Post - Sebanyak 5.309 orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang melaksanakan repatriasi terdiri dari Anak Buah Kapal (ABK), Pekerja Migran Indonesia (PMI), Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari berbagai negara dan sejak tanggal 14 Mei 2020 sudah ditangani dengan baik di Rumah Sakit Darurat Covid-19   Wisma Atlet Kemayoran dan Wisma Karantina Pademangan, Jakarta Utara.  

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, RSD Covid-19 Wisma Atlet memulangkan sebanyak 150 ABK  MV Freedom & MV Carnival Valor yang diumumkan secara langsung oleh Letkol Laut (K) M.Arifin sebagai pengendali tower tujuh  RSD Covid- 19 bertempat di Tower satu RSD Wisma Atlet, Kemayoran.

Sebelumnya, Letkol Laut Arifin mengumumkan kepulangan 26 ABK MV Freedom & Carnival Valor. Menurut Letkol M. Arifin, saat ini ada dua lokasi Tower yang dijadikan sebagai tempat penanganan dan karantina bagi para WNI  terdiri dari ABK, TKI dan PMI yang terepatriasi.

"Kedua tempat tersebut yaitu RSD  Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat dan Wisma Karantina lokasinya di Pademangan, Jakarta Utara," jelasnya, Rabu (20/5/2020).

Ditambahkannya, untuk RSD Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran khusus menangani pasien yang positif covid-19 langsung dirawat dan diobservasi sampai dinyatakan sembuh di RSD Covid -19 Wisma Atlet, sedangkan Wisma Karantika Pademangan tempat isolasi atau karantina bagi para repatriasi yang saat kedatangan ke Indonesia dilaksanakan rapid tes dengan hasil negatif.


Menurut Arifin, setelah menyerahkan surat keterangan sehat dan rekomendasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wisma Karantina Pademangan kepada perwakilan  ABK Kapal Carnival Valor atas nama Ketut Sudita dan Luh Cindy, dia meminta masyarakat menerima mereka yang sudah sembuh dari covid-19 apalagi sudah menerima surat keterangan sehat dari dokter penanganan covid 19 untuk tidak dikucilkan ditempat asalnya.

Kedua perwakilan ABK Kapal Carnival Valor Ketut Sudita  dan Luh Cindy kepada wartawan menyatakan sangat bersyukur dapat kembali ke Tanah Air. "Kami di sini dilayani dengan baik dan benar-benar diperhatikan," ucapnya. 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Presiden BapakJoko Widodo, Panglima TNI, Bapak Doni Munardo selaku Kepala BNPB dan seluruh petugas baik medis maupun TNI yang melaksanakan tugas yang sangat mulia merawat kami sampai kami semua sembuh," papar Sindy. 

Letkol laut Arifin berharap para WNI patriasi terdiri dari ABK, PMI dan TKI yang saat ini sedang melaksanakan perawatan di RSD Wisma atlet cepat sembuh dan yang sedang diisolasi di Wisma  karantina Pademangan dapat menjalani protokoler kesehatan.

"Dan kita harapkan semoga mereka tidak terpapar covid-19, sehingga mereka cepat pulang bertemu dan bergabung kembali dengan keluarganya serta proses pemulangannya pun dapat berjalan lancar. Itulah harapan kita semua,"  tutupnya. (her)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai