Breaking News

,

Manfaatkan Lahan Kosong, Pangdam Jaya Ingin Mendorong Petani untuk Bercocok Tanam

Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiono ketika melaksanakan panen raya hortikultura di Kp. Pangkalan, Jl Raya Kalibaru, RT 001. RW 06, Desa Pangkalan, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (4/08).
Tangerang, Laras Post - Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiono melaksanakan panen raya hortikultura di Kp. Pangkalan, Jl Raya Kalibaru, RT 001. RW 06, Desa Pangkalan, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (4/8/2020).

Dalam sambutannya, Mayjen Eko menyampaikan bahwa sudah menjadi komitmen bagi Kodam Jaya untuk mendukung program ketahanan nasional, dengan membuka lahan yang tidak produktif untuk dijadikan lahan pertanian dan perkebunan.

"Pembukaan lahan tidak produktif menjadi lahan produktif ini dimulai dari bulan Desember 2019, bekerja sama dengan pemilik lahan PT. ASG," tutur Pangdam Jaya. 


"Dari luas tanah kurang lebih 300 Ha yang berlokasi di Desa Pangkalan, Angus dan Tanjung Burung, yang telah digarap kurang lebih 50 Ha, yang mana sudah ditanami Melon, Labu, Sayur Bayam, Sayur Caesim, Padi Tradisional, Rumput Gajah dan Padi Mekanisasi," lanjutnya.

Pangdam menjelaskan bahwa  Kodam Jaya hanya ingin mendorong petani untuk mau bercocok tanam dan memanfaatkan lahan kosong yang tidak produktif. 

"Kita tidak mencari untung, kami hanya ingin para petani ini bisa hidup lebih layak lagi," tegas orang nomor satu di Kodam Jaya ini.


Untuk informasi, dalam pelaksanaan program tersebut, melibatkan personel Babinsa Koramil 01/Teluk Naga, Kelompok Tani setempat, masyarakat desa setempat dan penyuluh dari BPT Teluk Naga Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang. 

Sementara kegiatan panen holtikultura buah melon ini diadakan agar dapat dijadikan motivasi bagi petani untuk terus memaksimalkan lahan pertaniannya yang sudah disiapkan oleh Kodam Jaya.

"Diharapkan program ini terus berkesinambungan dan tidak berhenti, sehingga bermanfaat untuk kehidupan kelompok tani setempat, serta untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional seperti yang diprogramkan Pemerintah, terlebih dalam menghadapi Pandemi Covid 19 saat ini, ketahanan pangan nasional harus tetap berjalan," ungkap Pangdam Jaya yang juga  mengucapkan terima kasih kepada PT. Agung Sedayu Grup (ASG) dan PT Tanjung Unggul Mandiri (TUM) yang telah mendukung program ini.


Pada kesempatan sama, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, B.Bus, SE, M.Si juga menyampaikan pesan untuk mengubah pola industri pertanian padi menjadi pertanian Hultikuktura. 

"Mudah-mudahan dengan pemanfaatan lahan tidur ini bisa mendukung para petani untuk hidup lebih layak, jangan hanya punya keinginan bekerja di Bandara tapi pengetahuannya terbatas," pesan bupati.

Dalam kegiatan yang diakhiri dengan buka puasa bersama di pendopo PT. TUM Jln. Raya Tanjung Burung juga turut hadir mendampingi Pangdam Jaya,   Dirjen Tanaman Pangan Kementan (diwakili), Dirjen PSP (diwakili), Kepala Badan PPSDMP (diwakili), Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian BPPSDMP Kementan RI, Bupati Tangerang, Danrem 502/Wkr, Aster Kasdam Jaya, Dandim 0510/Tigaraksa, Kadis Pertanian dan Kadis Ketahanan Pangan Prov. Banten, Direktur PT TUM dan PT Agung Sedayu Grup. (her)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai