Breaking News

,

Tiba di Indonesia, 211 ABK Kapal Pesiar Valor dan Freedom Langsung Dibawa ke RSD Wisma Atlet

Para ABK WNI kapal pesiar Valor dan Freedom diperiksa rapid test oleh tim kesehatan KKP bandara dengan menggunakan APD lengkap sesuai protokol kesehatan. 
Jakarta, Laras Post - Sejumlah 211 WNI ABK kapal pesiar Valor dan Freedom tiba di Bandara Soetta dari Barbados Columbia dengan menggunakan pesawat charteran EuroAtlantic Airways. 

Semua ABK WNI dalam keadaan baik tanpa ada gejala gangguan pernafasan selama perjalanan. Namun menurut Dr scott, sebelum mereka dipulangkan terdapat 15 ABK dari kapal freedom dan 81 ABK dari kapal Valor yang menunjukkan hasil positif swab yang diperiksa pada Jumat (3/04/2020) dan berlanjut sejak pada Selasa (7/04/2020). Mereka telah menjalani karantina sesuai Guideline Centers for Disease Control and prevention (US CDC) selama 21 hari dan tidak ada yang sakit. 

Menurut sumber yang diperoleh kedutaan besar RI BOGOTA, no B-00084/Bogota/200502, Senin (4/5/2020), setelah mendarat di Bandara International Soekarno Hatta, mereka langsung diperiksa rapid test oleh tim kesehatan KKP bandara dengan menggunakan APD lengkap sesuai protokol kesehatan. Dari hasil pemeriksaan rapid test didapatkan 12 WNI ABK kapal pesiar tersebut positif Covid-19.

Usai pemeriksaan di bandara, mereka dibawa langsung dengan bus ke RS Darurat Wisma Atlet. Tiba di RSD Wisma Atlet, mereka diterima langsung oleh Danyonkes 1 Marinir, Letkol Laut (K) drg. M. Arifin, Sp. Ort., selaku pengendali lapangan RS Darurat Covid-19.


Rencananya, seluruh ABK akan diperiksa ulang di IGD. Mereka dibagi di beberapa lantai di gedung tower 7 berdasarkan hasil rapid test terakhir di Bandara Soetta. ABK yang positif sejumlah 12 orang ditempatkan di lantai yang ditempati pasien positif serta sisanya yang negatif ditempatkan di kamar dengan pasien yang negatif. 

Untuk masa isolasi, mereka akan menyesuaikan pemeriksaan yang akan dilakukan lebih lanjut dan akan ditentukan kemudian jadwal kapan mereka akan diswab.

 “Semua pasien diterima dalam keadaan sehat tanpa gejala, termasuk di dalamnya ada 1 ABK  WNA dari Ukraina dan 1 WNA dari India. Kita mengharapkan mereka bisa bekerja sama dengan baik selama diisolasi di sini, sampai nanti dinyatakan sehat dan bebas Covid 19. Sehingga bisa dikembalikan ke keluarga mereka dalam keadaan benar-benar aman,”  ujar Letkol M. Arifin. (her)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai