sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Seni Budaya dan Hiburan

» » Dalam Rangka Memperingati Hari Bhayangkara ke-74 Tahun 2020 Polres Purbalingga Gelar Rapid Test Bagi Anggota dan Masyarakat


Purbalingga, Laras Post - Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020 Polres Purbalingga menggelar rapid test masal di halaman Mapolres, Selasa (23/6/2020). Kegiatan dilaksanakan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga dengan sasaran anggota Polri dan masyarakat.

Kapolres Purbalingga AKBP Muchammad Syafi Maulla melalui Kasubbag Humas Iptu Widyastuti mengatakan kegiatan rapid test dilaksanakan dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020. Sasaran kegiatan yaitu anggota Polres Purbalingga dan masyarakat.

"Total 100 orang yang dilakukan rapid test yang terdiri dari 50 personel Polres Purbalingga dan 50 masyarakat yang merupakan pengemudi angkutan umum di Terminal PurbaIingga," jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan, tujuan rapid test adalah sebagai sebagai langkah pengecekan apakah ada personel Polres Purbalingga atau masyarakat yang reaktif terhadap virus. Dengan demikian bisa dilakukan tindakan lanjutan atau penanganan selanjutnya.

"Dari hasil pemeriksaan rapid test di Polres Purbalingga, seluruh hasilnya non reaktif. Tidak ditemukan personel Polres Purbalingga maupun masyarakat dari pengemudi angkutan umum yang reaktif," jelasnya.

Sementara itu, Kasi Surveilans dan Imunisasi pada Dinas Kesehatan Kabupaten PurbaIingga, Kusmanto menyampaikan bahwa rapid test bukanlah diagnosa namun screening awal untuk mendeteksi apakah seseorang terpapar virus atau tidak. Tes ini mendeteksi antibodi bereaksi melawan virus.

"Karena saat ini merupakan pandemi Covid-19, maka apabila ada hasil yang reaktif dalam pemeriksaan akan dilakukan tes swab untuk memastikan apakah terpapar Covid-19 atau tidak," jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa dalam rapid test dilakukan pengambilan sampel darah dalam jumlah sedikit dari ujung jari. Kemudian diletakkan dalam alat yang sudah disiapkan untuk mengetahui hasilnya. Hasil bisa diketahui setelah sekitar lima belas menit dari pelaksanaan rapid test.

Dalam pelaksanaan rapid test, tidak hanya anggota, Kapolres Purbalingga AKBP Muchammad Syafi Maulla beserta pejabat utama juga ikut dilakukan tes. Sebelum pelaksanaan diterapkan juga protokol kesehatan mulai dari cuci tangan, pengecekan suhu tubuh baru dilakukan rapid test. (Agus P)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda