Breaking News

,

Kantor Pertanahan Jakarta Timur Gelar Deklarasi Kelurahan Lengkap Untuk Kelurahan Kebon Manggis

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta, Djaya, SH. MM., dan Kepala Kantor Pertanahan Syamsul Bahri, A.Ptnh.Msi., ketika menghadiri acara Deklarasi Kelurahan Lengkap di Kantor Pertanahan Jakarta Timur untuk Kelurahan Kebon Manggis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, di Lantai 5 pada Kantor Pertanahan Jakarta Timur, Senin (15/06).
Jakarta, Laras Post - Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Timur menyelenggarakan Deklarasi Kelurahan Lengkap, untuk Kelurahan  Kebon Manggis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, Deklarasi digelar di Lantai 5 pada Kantor Pertanahan Jakarta Timur, Senin (15/6/2020) hari ini.

Acara Deklarasi Kelurahan Lengkap tersebut dihadiri oleh pejabat tinggi Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta diantaranya, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta, Djaya, SH. MM., dan jajarannya.

“Deklarasi Kelurahan Lengkap dilaksanakan di Kelurahan Kebon Manggis mengingat pendaftaran tanah di Kebon Manggis telah mencapai 100 %  dan merupakan kelurahan lengkap,” ujar Kepala Kantor Pertanahan Jakarta Timur Syamsul Bahri, A.Pth, MSi, kepada Laras Post, di sela-sela acara.

Deklarasi Kelurahan Lengkap di Lantai 5 Kantor Pertanahan Jakarta Timur.
Disebutkan, Kantor Pertanahan Administrasi Jakarta Timur sudah melaksanakan kegiatan pendaftaran tanah lengkap dengan hasil sebagai berikut;  a. Kelurahan Kebon Manggis Luas 772.804 M2, b. Jumlah bidang tanah terdaftar sejumlah 369 bidang dan luas 582.908 m2. c. Jumlah bidang tanah terdaftar belum sertipikat 208 bidang, dan luas 34.681 m2, d. Jumlah polygon jalan, fasos/fasum, dan obyek alam sungai, danau, situ 95 bidang, luas 146.624m2, e. Jumlah bidang tanah tervalidasi 944 bidang dan luas 772.805m2, f. Jumlah buku tanah tervalidasi 369 bidang dan luas 582.908m2, g. Daftar buku tanah yang tidak dapat dipetakan dan sudah terblok internal 14 bidang, dan h. Pendaftaran bidang tanah pertama kali (PTSL) sejumlah 272 bidang. 

Selanjutnya, dalam kegiatan ini dilakukan penandatanganan Berita Acara oleh Kepala Kantor Pertanahan Administrasi Jakarta Timur, Kepala Seksi Infrastruktur Pertanahan Rizal Rasyuddin, S.SIT, MM dan Kepala Seksi Hubungan Hukum Pertanahan, Rini Windarsih, S.Si.

Dalam berita acara itu disebutkan, pendaftaran tanah di Kebon Manggis telah mencapai 100%  dan merupakan kelurahan lengkap serta siap untuk menindak lanjuti deklarasi ini, sebagai dasar seluruh kegiatan pertanahan, termasuk pelayanan elektronik, pemiliharaan data pendaftaran tanah, one map policy, dan kegiatan pelayanan lainnya.
Pemred Laras Post C. Herry SL bersama Kepala Kantor Pertanahan Jakarta Timur Syamsul Bahri, A.Pth, MSi.
Lebih lanjut Syamsul Bahri mengatakan, meski saat ini sedang berlangsung pandemi COVID-19, pihaknya tetap menjalankan tugas pelayanan pertanahan, namun melalui layanan elektronik guna mencegah penyebaran COVID-19.  “Jadi, hal itu dilakukan demi untuk keselamatan kita semuanya," tegasnya.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan instruksi Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) agar setiap kantor-kantor pelayanan publik maupun kehidupan bermasyarakat menerapkan social distancing, physical distancing serta Work From Home (WFH).  “Ketiga hal tersebut wajib dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19,” tandasnya. 

Selain itu, sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Nomor 3/SE-100.TU.03/III/2020 tertanggal 20 Maret 2020 lalu, diinstruksikan kepada jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota untuk melaksanakan layanan elektronik dan membatasi kegiatan pengumpulan massa. (her)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai