sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Seni Budaya dan Hiburan

» » Ketua MPR Minta Pemerintah Tingkatkan Pengawasan di Daerah-daerah Rawan Kebakaran Hutan

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (Foto: liputan6.com)

Jakarta, Laras Post -  Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan pengawasan di daerah-daerah yang rawan kebakaran, agar dapat dilakukan perluasan penerapan modifikasi cuaca.

“Kita juga mendorong pemerintah pusat dan pemda melakukan langkah antisipasi untuk menghadapi fase kedua musim kemarau yang akan dimulai pada bulan Juni-Juli hingga akhir Agustus hingga awal September 2020, dikarenakan berdasarkan pengalaman kondisi cuaca tahun sebelumnya bahwa puncak kemarau pada fase kedua inilah yang menjadi puncak kejadian karhutla di tahun 2015 dan 2019,” ujar Bamsoet dalam siaran persnya, Rabu (24/6/2020).

Mantan Ketua DPR itu juga minta pemerintah tidak lengah dalam mengawasi dan memantau titik-titik rawan terjadinya karhutla, dengan terus melakukan patroli dan pengecekan lapangan untuk mengupdate situasi cuaca terkini dari BMKG. 

“Meskipun saat ini seluruh aparat pemerintahan sedang fokus dalam penanganan pandemi Covid-19,” urainya.

Pihaknya, sambung Bamsoet, juga mendorong pemerintah untuk menggalakkan seluruh penggunaan instrumen teknologi dan infrastruktur pengawasan secara konvensional guna mencegah terjadinya karhutla, terutama di wilayah yang paling rawan di antaranya Riau, Sumatera Utara, dan Aceh. 

“Karena dampak yang muncul, seperti asap, dapat berbahaya bagi masyarakat yang menderita penyakit asma atau pernafasan akut,” cetusnya. (wan)







«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda