sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Seni Budaya dan Hiburan

» » Kurangi Penularan Covid-19, RSUD Cibinong Miliki PCR Alat


Bogor,  Laras Post - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong, akhirnya dapat menguji Covid-19 melalui swab karena telah memiliki Alat PCR (Polymerase Chain Reaction).

Direktur Utama RSUD Cibinong, Wahyu Eko Widiharso mengatakan, pihaknya sengaja menyiapkan alat PCR pendeteksi yang Lebih akurat untuk Mengantisipasi penularan Wabah Covid-19 di lingkungan rumah sakit, khususnya tenaga medis. Alat kesehatan dipesan dari luar negeri.

“Dokter dan perawat (tenaga medis) di rumah sakit memeriksa pasien sudah standart Operasional dengan adanya alat kesehatan PCR kami lebih mengetahui riwayat pasiennya terjangkit Covid-19 atau tidak,” kata Wahyu, Senin (8/6/20).

Terlebih, banyak kejadian yang membuktikan penularan wabah berasal dari pasien. Dengan adanya PCR, status pasien yang masuk untuk keperluan operasi bisa langsung diperiksa.

“RSUD Cibinong sudah mempunyai alat PCR sendiri. Kita harapkan bisa memberikan kenyamanan Buat Dokter yang bertugas menangani pasien. Kalau pasien tidak terbukti positif Covid-19, maka dokter tidak perlu sampai melayani dengan pakaian lengkap hazmat operasi juga aman,” tuturnya.

Penyebaran wabah Covid-19 yang cukup masif memang membuat banyak masyarakat maupun tenaga medis yang paranoid. Wahyu mencontohkan, proses operasi pasien juga tak jarang harus memakai hazmat.

Itu cukup merepotkan dalam menjalankan pekerjaan di dalam ruangan dengan berbagai peralatan medis yang sangat detail.

“Jangan sampai terjadi ketakutan, tetapi tidak jelas. Makanya (dengan adanya PCR) ini sudah lebih aman. PCR kita pakai untuk pasien yang mau dirawat. Jadi, kalau misal hasilnya negatif (dari PCR), maka pelayanan kepada pasien tidak perlu pakai hazmat. Cukup dengan masker,” imbuhnya.

Wahyu menyebut, deteksi dini diharapkan bisa mendongkrak pelayanan umum kepada masyarakat.

“Kami akan melakukan langkah -langkah strategis untuk mendorong masyarakat agar tidak takut berobat. Keamanan RSUD Cibinong sudah sesuai protokol dan standar kesehatan menjadi nomor satu,” pungkasnya. (david)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda