sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Seni Budaya dan Hiburan

» » Kakantah KBB: Permohonan SK Pemberian Hak Milik sesuai dengan Ketentuan

Lahan blok Gunung Batu, Cikalong Wetan.

Bandung Barat, Laras Post - Kepala Kantor Pertanahan (Ka Kantah) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Hasan Hasri Natamenggala mengaku, terhadap tanah seluas lebih kurang 10 Hektar yang terletak di Blok Gunung Batu Desa Cikalong Kecamatan Cikalong Wetan Kabupaten Bandung Barat, telah terbit Surat Keputusan (SK) Pemberian Hak Milik sebanyak 27 bidang. 

“Sebanyak 13 SK telah batal demi hukum, karena sampai dengan batas waktu yang diberikan (6 bulan) tidak ditindaklanjuti dengan pendaftaran haknya ke Kantah KBB, sedangkan 14 SK sudah dimohon pendaftaran haknya, namun karena masih terdapat permasalah hukum, maka proses penyelesaian Pendaftaran Haknya tidak dapat diproses lebih lanjut,” ungkap Hasan Hasri, kepada Laras Post melalui surat bernomor 405/5-32.17/VII/2020 tertanggal 8 Juli 2020.

Menurut Hasan Basri, Kantah KBB telah memproses permohonan SK Pemberian Hak Milik sesuai dengan ketentuan yang berlaku, berdasarkan dokumen-dokumen yang dilampirkan pada saat pendaftaran SK di Loket Pendaftaran. 

Ia menjelaskan, sesuai dengan yang termaktub dalam klausul SK Pemberian Hak Milik, bahwa untuk memperoleh tanda bukti hak berupa setipikat, penerima hak harus mendaftarkan hak atas tanahnya selambat-lambatnya enam bulan sejak tanggal surat keputusan terbit, dengan memperlihatkan asli surat setoran Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebagaimana diatur dalam UU No. 28 Tahun 2009 entang Pajak Daerah dan Retribusi Jo. Perda KBB No. 1 Tahun 2011, tentang BPHTB serta menyerahkan fotocopynya pada Kantah KBB. 

Sebelumnya, Pemerintah Desa Cikalong pada tahun 2020, melalui Surat Kepala Desa Cikalong bernomor 593/ /DS/II/2020 kepada Kakantah KBB, memohon Pembatalan Proses Pembuatan Sertifikat  atas nama Pemohon Sdr. Sukandi, Dkk 27 Orang Blok Gunung Batu, Desa Cikalong. Dalam surat ini Kades Cikalong mengajukan keberatan atas pemrosesan pembuatan sertipikat 27 bidang tanah di Blok Gunung Batu seluas lebih kurang 10 Ha. 

“Secara sertipikat tidak. Tapi kami memiliki bukti-bukti kuat bahwa tanah yang dimohon Sukandi Cs adalah tanah Desa Cikalong. Kejadian tahun 2019 adalah ulah Kades lama, Pak Iin,” kata Kepala Desa Cikalong, Agun Gumilar, kepada Laras Post. (Desmanjon)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda