sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Seni Budaya dan Hiburan

» » Seminar Litbanghan TNI AD Bahas Kowil dan Apter untuk Ketahanan Nasional

Seminar Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (Litbanghan) bertema ‘Pengaruh Keberadaan Kowil dan Kualitas Aparat Teritorial terhadap Peningkatan Ketahanan Nasional’ di Aula Graha Zeni, Mapusziad, Berlan, Jakarta Timur, Kamis (16/07).
Jakarta, Laras Post - Sejumlah pejabat TNI AD,  praktisi dan pakar bidang pertahanan menghadiri seminar Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (Litbanghan) bertema ‘Pengaruh Keberadaan Kowil dan Kualitas Aparat Teritorial terhadap Peningkatan Ketahanan Nasional’ di Aula Graha Zeni, Mapusziad, Berlan, Jakarta Timur, Kamis (16/7/2020).

Demikian disampaikan Kolonel Inf Iskandar, S.Sos Kasubdisiptek Dislitbangad selaku Ketua Panitia Seminar Litbanghan TNI AD Tahun  2020  dalam rilis tertulisnya di Jakarta, (16/7/2020).

Seminar yang dibuka oleh Kadislitbang TNI AD, Brigjen TNI Mulyo Aji, M.A. ini menghadirkan sejumlah pakar militer dan pejabat di jajaran Kementerian Pertahanan, diantaranya penasihat Menteri Pertahanan Letjen TNI (purn) J. Suryo Prabowo, pengamat pertahanan Prof. Dr. Salim Said, dan Dirjakstrahan Kemhan Brigjen TNI Untung Purwadi, S.E., M.Si sebagai tiga pembicara utama. 


Para pembicara, lanjut Kasubdisiptek,  membahas tentang relevansi antara aktualisasi fungsi Pembinaan Teritorial (Binter) TNI AD dengan tugas TNI dalam pemberdayaan wilayah pertahanan yang diamanatkan UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, dalam perspektif strategi pembangunan pertahanan negara yang disusun oleh Kemhan RI dan pendekatan historis  sebagai landasan filosofis ketahanan nasional. 

"Sebelum pembicara utama, disampaikan penyajian makalah tentang Pengaruh Keberadaan Kowil dan Kualitas Apter terhadap Peningkatan Ketahanan Nasional oleh ketua tim peneliti Brigjen TNI Aris Susanto, yang saat ini menjabat sebagai Inspektur Puspalad," sambungnya. 


Dijelaskan oleh Iskandar bahwa Letjen TNI (Purn) Suryo Prabowo sebagai pembicara pertama mengulas makalah berjudul Pembinaan Teritorial sebagai Fungsi Utama TNI AD. Kemudian Prof. Dr. Salim Said membahas tentang konsepsi peran Kowil dalam mewujudkan ketahanan nasional dihadapkan pada hakikat ancaman ke depan, dilihat dari perspektif sejarah. Sedangkan Brigjen TNI Untung Purwadi memaparkan makalah tentang pengaruh keberadaan Kowil dan kualitas Apter terhadap peningkatan ketahanan nasional dari perspektif kebijakan pertahanan negara. 

"Seminar ini merupakan hasil dari kegiatan Litbang Insani yang dilaksanakan oleh Dislitbangad pada tahun 2019 yang lalu. Melalui forum akademis ini diharapkan para peserta mendapat pencerahan dan tambahan wawasan tentang pentingnya keberadaan Kowil yang ditunjang oleh aparat teritorial yang profesional, sehingga dapat membawa dampak signifikan bagi peningkatan ketahanan nasional, karena ketahanan nasional adalah syarat mutlak perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan nasionalnya," terang Kolonel Inf Iskandar. 


Seminar yang dipandu oleh dosen Universitas Pertahanan Dr. Margaretha Hanita, S.H., M.Si. ini diikuti oleh para pimpinan Balakpus TNI AD, para pejabat Asisten Teritorial dan Asisten Perencanaan jajaran Kotama TNI AD, para pejabat Litbang di Balakpus TNI AD, sejumlah pejabat Danrem dan Dandim tipe A, serta para Peneliti Dislitbangad dan sejumlah akademisi dari Universitas Pertahanan.(Her)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda