Breaking News

,

Agar Kesehatan Tetap Terjaga Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Bersama Puskesmas Eban, Gelar BIAS Bagi Anak Perbatasan

Satgas Yonarmed 3/105 Tarik saat menggelar kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) kepada anak-anak SD Negeri 2 Eban, Miomaffo Barat.
Jakarta, Laras Post - Bekerja sama dengan Puskesmas Eban dalam meningkatkan kesehatan warga, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik menggelar kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) kepada anak-anak SD Negeri 2 Eban, Miomaffo Barat.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik Letkol Arm Laode Irwan Halim, S.I.P., M. Tr. (Han), dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Timur Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, Kamis (20/08/2020).

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang dipimpin Letda Ckm dr. Dody Eka, diperuntukkan bagi anak-anak khususnya kelas satu SD Negeri 2 Eban yang dilakukan tiap tahunnya.

“Kegiatan imunisasi ini merupakan salah satu upaya dalam mengecek kondisi generasi bangsa khususnya anak-anak perbatasan dari bahaya campak,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan imunisasi ini sebagai wujud persembahan kecintaan Satgas kepada  anak anak negeri yang tinggal di wilayah perbatasan, sekaligus juga memberi jaminan kesehatan karena pada usia mereka yang sekarang ini masih rentan terhadap penyakit campak.


"Tidak hanya memberikan vaksin campak, kami di sini juga membagikan masker gratis kepada anak-anak serta edukasi tentang bahaya penyakit campak yang diselingi demonstrasi  cara mencuci tangan yang baik dan benar,” tambahnya.

Di tempat terpisah, Letda Ckm dr. Dody mengatakan bahwa imunisasi campak bertujuan untuk melindungi anak dari penyakit campak.

“Campak merupakan penyakit  yang  sangat mudah menular yang disebabkan oleh virus dan ditularkan  melalui batuk dan bersin,” imbuhnya.

"Sangatlah perlu memperhatikan perkembangan tiap diri dari anak-anak perbatasan karena bagaimanapun mereka merupakan generasi penerus bangsa yang akan membanggakan Indonesia nantinya,” ucap Dody.

Sementara itu, petugas kesehatan Eban menjelaskan bahwa BIAS adalah salah satu bentuk kegiatan dari imunisasi lanjut pada anak sekolah, sasarannya adalah seluruh anak usia sekolah dasar atau sederajat kelas 1 dan kelas 2, imunisasi yang diberikan berupa vaksin campak, Difteri Tetanus (DT), dan Tetanus Difteri (TD). 


“BIAS ini merupakan program pemerintah untuk mencapai angka cakupan imunisasi dasar wajib 100 persen pada anak sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi,” urainya.

Sedangkan Patrisius Thaal (50), Kepala Sekolah SD Negeri 2 Eban mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas Yonarmed 3 dan Puskesmas Eban karena telah mengadakan kegiatan BIAS di sekolah.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini terus dilakukan dalam meningkatkan kesehatan anak-anak di wilayah perbatasan ini,” tuturnya bangga. (Her)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai