Breaking News

,

Dandim 1712/Sarmi di Anurgerahi Pengalungan Selendang Serpo

Dandim 1712/Sarmi Letkol Inf Rizky Marlon Silalahi, S.I.P.
Sarmi, Laras Post - Dandim 1712/Sarmi Letkol Inf Rizky Marlon Silalahi, S.I.P menerima penganugerahan yang ditandai dengan Pengalungan selendang Serpo sebagai bagian dari suku Sobey, Armati, Rumbuay, Manirem dan Isirawa dari warga masyarakat Adat Sarmi serta tradisi makan pinang sirih bersama sama, yang bertempat di aula Makodim 1712/Sarmi Petam Sarmi, Rabu (26/08/2020).

Pemberian penganugerahan pengalungan symbol selendang serpo ini dimaksudkan sebagai pengukuhan sekaligus pengakuan masyarakat Adat Sarmi, khususnya bahwa Dandim 1712/Sarmi merupakan pemimpin dalam menjaga kedaulatan dan kemartabatan di wilayah Sarmi. Dalam Adat Sarmi tentang menjaga kedaulatan dan kemartabatan memiliki arti bersama-sama dalam menjaga tanah air. Masyarakat Sarmi sesuai dengan peninggalan leluhur bahwa dalam rangka menjaga keamanan itu harus bersinergi antara pemimpin dengan masyarakat, tanpa kebersamaan dan sinergitas mustahil keamanan dapat terwujud.

Komandan Kodim 1712/Sarmi Letkol Inf Rizky Marlon Silalahi, S.I.P dalam sambutannya menyampaikan merasa sangat terharu dan bangga serta sangat terhormat karena telah dianugerahi symbol pengalungan Selendang Serpo dari masyarakat Adat Sarmi. 


"Saya terharu, rasa terima kasih yang tulus serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ondoafi, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, serta seluruh masyarakat Sarmi yang saya cintai, atas kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bertugas memimpin sebagai Komandan Kodim 1712/Sarmi," ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya, Dandim 1712/Sarmi Letkol Inf Rizky Marlon Silalahi, S.I.P mengajak untuk bersama-sama menjaga keamanan Sarmi.

"Marilah kita jaga keamanan dan keselamatan bangsa khsusunya di wilayah Kabupaten Sarmi kita saling bekerja sama saling bantu membantu, “ajaknya.


Sementara itu, bupati Kabupaten Sarmi Drs. Eduard Fonataba dalam sambutannya mengatakan bahwa seluruh rakyat Sarmi berharap dengan penganugerahan pemberian pengalungan symbol selendang Serpo Adat Sarmi ini dapat memberikan kontribusi terhadap upaya memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI, khususnya di Kabupaten Sarmi.

"Masyarakat Kab. Sarmi berharap penganugerahan ini sebagai simbol untuk kebersamaan dalam menjaga persatuan dan kedaulatan NKRI",pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kapolres Sarmi, Danpos AL,  kepala kampung, kepala suku, tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan dan aparat pemerintahan Kabupaten Sarmi. 

Demikian siaran pers yang dilansir oleh Penerangan Korem 172/Jayapura, Kamis (27/08/2020). (Her)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai