Breaking News

,

DanSektor 20 Citarum Harum Kolonel Inf Suyitno Tinjau Pembuatan Tanggul Citarum di Desa Karang Harja

DanSektor 20 Citarum Harum saat diwawancara media.

Bekasi,  Laras Post - Komandan Sektor 20 Citarum HarumKolonel Inf. Suyitno, S.I.P meninjau pembuatan Tanggul Citarum di Desa Karang Harja Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Rabu (12/08/2020).

Pada kesempatan tersebut, Dan Sektor didampingi Kepala Desa Karang Harja, Heru Sukmana, Danki Sektor 20 Citarum Harum Kapten Cba. Romlih, beserta Satgas Citarum Harum, dan warga sekitar bantaran tanggul citarum.

Dan Sektor 20 mengatakan, pembuatan tanggul yang panjangnya kurang lebih 100 meter, lebar atas 5 meter, lebar bawah 7 meter dengan ketinggian 7 meter ini merupakan implementasi permintaan warga Desa Karang Harja, khususnya yang rumahnya berada di pinggir tanggul.

"Setiap musim hujan ketika Citarum banjir di lokasi ini kerap sekali terjadi kebocoran, atau rembes, sehingga menimbulkan kekhawatiran di warga masyarakat terutama yang rumahnya di pinggiran tanggul, dan memang titik lokasi ini salah satu titik lokasi yang kritis di sepanjang Wilayah Sektor 20. Dan masuk ke kriteria prioritas," kata DanSektor.


Dan Sektor menambahkan, ketika tanggul ini selesai warga masyarakat bisa menjaganya dengan baik, biar awet, biar nanti ketika musim hujan atau banjir tidak khawatir lagi.

DanSektor berpesan kepada Kepala Desa, agar menggunakan Dana Desa dengan baik untuk melakukan perbaikan perbaikan Tanggul, dan menghimbau warganya agar menjaga kebersihan lingkungan, ia juga berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi, Bupati, agar segera membantu perbaikan Perbaikan tanggul Citarum.

"Dengan membantu memberikan alat, personil dan menganggarkannya, karena Citarum ini merupakan pekerjaan  Kita Bersama, untuk memperbaiki, menjaga dan memelihara untuk kepentingan masyarakat Bekasi juga," tambah Dan Sektor.

Agar a tryir dari hulu bisa langsung mengalir ke hilir, tidak ada sumbatan di pertengahan, yang bisa menimbulkan kebocoran atau kebanjiran.

Selain perbaikan tanggul dan sendimentasi, pihaknya juga mencanangkan hutan desa dan Hutan kota, di antara Bojong Mangu dan Muara Gembong, agar nanti bisa menjadi serapan air di kala Citarum meluap. "Adanya lahan serapan itu, nantinya akan kita tanami juga pohon pohon yang keras agar bisa untuk menyimpan air dan menjadi tahanan buat tanggul. Selain itu kita juga merencanakan agar bantaran ini akan kita buat sebagai lahan pertanian untuk menunjang perekonomian masyarakat, biar menjadi sumber penghasilan untuk mereka, agar nanti dengan sendirinya bisa mereka jaga dan pelihara Citarum ini, karena bisa menjadi sumber penghasil mereka," tutup DanSektor.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Karang Harja, Heru Sukmana, bersama masyarakat, khususnya warga RT 015/ Rw 06 Dusun 3, merasa bersyukur serta mengucapkan terima kasih kepada DanSektor 20 Citarum Harum, yang telah membuatkan tanggul.

"Saya ucapkan terima kasih yang sebanyak - banyaknya kepada Dan Sekor 20 Citarum Harum, yang mana sudah mengabulkan permintaan warga saya, untuk di buatkan tanggul, sehingga dengan adanya pembuatan tanggul ini, warga Desa Karang Harja sudah tidak khawatir lagi ketika musim hujan dan di kala Citarum banjir," tandas Heru sebagai Kepala Desa mewakili warga.(kobirudin)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai