Breaking News

,

DanSektor 20 Paparkan Program Citarum Harum saat Sosialisasi di SubSektor 02 Cikarang Pusat

DanSektor 20 Citarum Harum, Kolonel Infanteri Suyitno. S.I.P saat memberikan pemaparan.
Bekasi, Laras Post - Sektor 20 Citarum Harum menggelar sosialisasi program Citarum Harum kepada Siswa/i Pondok Pesantren Assabi'ul Hidayah dan Masyarakat di Kp. Pasirranji Rt 001/001, Desa Pasir Ranji, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi,  Jawa Barat, Rabu (26/08/2020). 

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Aula Desa Pasirranji, yang dibuka dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, tetap mengedepankan protokol kesehatan guna menghindari penyebaran Covid-19 di Wilayah Kabupaten Bekasi. 

DanSektor 20 Citarum Harum, Kolonel Infanteri Suyitno. S.I.P memaparkan sejumlah program Citarum Harum tahun 2018-2025. Di antaranya tentang Pengelolaan Ekosistem yang merupakan proses pengelompokan, Pemanfaatan, dan pengendalian Ekosistem yang sesuai dengan potensi dan fungsinya. 

"Hal itu dalam rangka penurunan laju kerusakan ekosistem Seperti sumber daya air, Hutan dan Lahan, Keanekaragaman Hayati, Energi, Atmosfir, Serta Ekosistem Pesisir dan Laut," katanya. 

Selain memaparkan terkait skosistem, DanSektor 20 juga menjelaskan tentang Program Prioritas Citarum Harum (Quick Wins). Rehabilitasi kawasan hutan dan lahan, termasuk alih profesi para perambah hutan, pengelolaan sampah domestik, pengendalian pencemaran dari industri, pengurangan jumlah KJA, menuju zero KJA. 

Foto bersama.
Kegiatan alih profesi melalui Culture Based Fisheries (CBF) di Waduk Saguling, Cirata Jatiluhur, serta penegakan hukum, merupakan Program prioritas Citarum Harum.

"Sosialisasi mengangkat kearifan lokal harus kita lestarikan, karena leluhur sunda sangat menghargai air, terbukti dengan hampir semua tempat di dahului dengan kata CI/AIR, maka dari itu mari kita bersama-sama menjadikan kembali sungai sebagai Serambi depan rumah kita," ujar DanSektor. 

Sebelum memaparkan program-rogram Citarum Harum, DanSektor mengungkap profil pribadinya kepada masyarakat yang hadir, sebagai pengenalan dan agar lebih dekat dengan masyarakat. 

Kegiatan tersebut dihadiri Danki Citarum Harum sektor 20 Kapten Cba Romlih, Personel Posko Sektor 20 dan anggota Subsektor 2, Danramil 12/SB Kapt Inf Fatwanul, Kapolsek Cikarang Pusat AKP. Zaini Abdillah Zainuri S.Kom,S.I.K, Camat Cikarang Pusat Drs. Suwarto,MM, Ketua MUI Cikarang Pusat H.Abduloh Syafei. 

Tak hanya itu, hadir pula Ketua UPTD Puskesmas Cikarang Pusat - Dr Rozana,  Kepala Desa Pasir Ranji Wardi Sunandar, Kepala Desa Pasir Tanjung Hj Maryam, Kades Sukamahi H.Ada Andrey, Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama. 

Acara sosialisasi pun berjalan dengan tertib dan kondusif, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. (kobirudin)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai