Breaking News

,

Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Berikan Bimbingan Penanganan Pasca Panen pada Kelompok Tani Pebayuran


Bekasi, Laras Post - Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi melalui Bidang Tanaman Pangan memberikan Bimbingan Penanganan Pasca Panen Padi dan Palawija Kelompok Tani Sri Harapan III Desa Karang Patri, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/08/2020).

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi yang diwakili Nayu Kulsum sebagai Kabid Tanaman dan Pangan menyampaikan ucapan terima kasih kepada kelompok tani yang hadir, dan memberikan paparan bagaimana penanganan pasca panen padi dan palawija.

“Saya ucapkan terima kasih kepada kelompok tani sri harapan III yang sudah bersedia hadir untuk mengikuti bimbingan ini, kepada Bpk Bimaspol, unsur pemerintah Desa Karang Patri, terutama kepada H. Komarudin sebagai Ketua kelompok Tani yang sudah memberikan ruang dan waktunya untuk kegiatan ini," ucapnya.

Selain itu, untuk mengedukasi serta memberikan pemahaman kepada para petani tentang penanganan pasca panen. Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi mendatangkan narasumber Suhima dari Universitas Borobudur untuk memberikan materi pemahaman terkait penanganan pasca panen padi maupun palawija.


Pada kesempatan yang sama, Ir. H. Suwono secara gamblang menyampaikan bagaimana menggunakan pupuk organik dan mendapatkan pupuk bersubsidi yang diberikan pemerintah untuk para petani dengan system online yang pendaftarannya bisa melalui Ketua PPL di wilayah masing masing untuk didaftarkan ke Kementerian Pertanian.

Sebelumnya, rombongan Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi meninjau pembangunan Mesin Dryer Vertikal (Pengering Padi) bantuan dari Kementrian Pertanian untuk dikelola oleh Kelompok Tani. Hal itu guna membantu para petani dalam penanganan pasca panen padi terutama ketika panen di musim hujan.

Alat pengering padi (paddy dryer) tipe vertical Circulation adalah alat yang berfungsi untuk menurunkan kadar air padi maupun gabah dengan cara menghembuskan udara panas ke dalam wadah pengering dimana padi disirkulasikan secara terus menerus sampai kadar air yang diinginkan.

H. Komarudin selaku ketua Kelompok Tani Sri Harapan III ketika dikonfirmasi awak media mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi yang telah memberikan pemahaman tentang penanganan pasca panen, dan membantu memfasilitasi untuk mendapatkan bantuan pengering padi (paddy dryer) dari kementrian pertanian.


“Saya ucapkan terima kasih banyak kepada Dinas dan Kementrian Pertanian, yang mana Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi sudah memberikan bimbingan kepada para petani khususnya ke kelompok tani sri harapan 3, semoga dengan adanya bimbingan ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan para petani dalam penanganan pasca panen, sehingga hasilnya bisa lebih baik lagi”, katanya

Terlebih adanya bantuan pembuatan pengering padi dari Kementrian Pertanian dalam membantu para petani saat pengeringan padi pasca panen. "Sehingga ketika panen raya di musim hujan petani tidak kesulitan untuk pengeringan,” tambahnya.

Kegiatan pun berjalan dengan tertib dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan berakhir dengan bincang santai dan makan bersama. 

Seluruh keguiatan tersebut tetap mengedepankan Protokol Kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. 

Hadir pada kesempatan itu, anggota kelompok tani, unsur Pemerintah Desa Karang Patri, Bimaspol Polsek Pebayuran, Anggota PPL Pebayuran, beserta masyarakat acarapun berjalan dengan tertib dan diisi dengan tanya jawab dengan anggota Kelompok Tani Sri Harapan III. (kobirudin)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai