Breaking News

,

Dispertan Pemkab Bekasi Berikan Bimbingan pada Kelompok Tani Sugih Mulyo Sukawangi

Dispertan Pemkab Bekasi foto bersama para petani Sukawangi.  

Bekasi, Laras Post - Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Bekasi melalui Bidang Tanaman Pangan memberikan Bimbingan Penanganan Pasca Panen Padi Dan Palawija pada Kelompok Tani Sugih Mulyo Desa Suka Tenang, Kecamatan Suka Wangi, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (26/08/2020).

Kegiatan yang digelar di rumah ketua Kelompok Tani Sugih Mulyo H. Abdul Rohman, dihadiri oleh anggota kelompok tani, unsur Pemerintah Desa Suka Tenang , Anggota PPL Suka Tenang, beserta masyarakat acarapun  berjalan dengan tertib dan di isi dengan tanya jawab dengan anggota Kelompok Tani Sugih Mulyo.

Sebelum Kegiatan, Dinas Pertanian Melalui H. Jamaludin, SE. Membagikan masker terlebih dahulu guna untuk menghindari penyebaran Covid-19 sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi yang diwakili Ir. H. Suwono menyampaikan ucapan terima kasih kepada kelompok tani yang hadir, dan memberikan paparan bagaimana penanganan pasca panen padi dan palawija secara baik.

“Saya ucapkan terima kasih kepada kelompok tani Sugih Mulyo Desa Suka Tenang, yang sudah bersedia hadir untuk mengikuti bimbingan ini, terutama kepada Bpk H.Abdul Rohman sebagai Ketua kelompok Tani Sugih Mulyo yang sudah memberikan ruang dan waktunya untuk kegiatan ini," Ucapnya.


Selain itu, untuk mengedukasi serta memberikan pemahaman kepada para petani tentang penanganan pasca panen Padi dan Palawija. Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi menghadirkan narasumber Ir. Sumihar, M.Si dan Ir. Aditiameri, MS. Dari Universitas Borobudur untuk memberikan materi pemahaman terkait penanganan pasca panen padi maupun palawija.

Pada kesempatan yang sama Ir. H. Suwono secara gamblang menyampaikan bagaimana cara mendapatkan asuransi di kala gagal panen serta pemaparan cara menggunakan pupuk organik dan mendapatkan pupuk bersubsidi yang diberikan pemerintah untuk para petani dengan system online yang pendaftarannya bisa melalui Ketua PPL di wilayah masing masing untuk di daftarkan ke kementrian pertanian

Ketua Kelompok Tani Sugih Mulyo H. Abdul Rohman ketika di wawancara oleh awak media menyampaikan, sangat berterima kasih kepada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi yang sudah memberikan bimbingan kepada petani khususnya kepada anggota kelompok tani Sugih Mulyo Desa Suka Tenang.

"Saya sangat berterima kasih kepada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, yang mana melalui Bidang Tanaman Pangan sudah memberikan bimbingan tentang penanganan pasca panen padi dan palawija kepada para petani di Desa Suka Tenang, khususnya anggota kelompok tani sugih mulyo,” jelasnya.

Selain itu H. Abdul Rohman pun menyampaikan harapannya terkait perihal susahnya air di Desa Suka Tenang untuk mengairi lahan pertanian, sehingga petani hanya bisa panen setahun sekali, itupun mengandalkan air hujan,

“Harapan saya dengan adanya bimbingan dari Dinas Pertanian, petani bisa lebih mengerti lagi bagaimana penanganan pasca panen, panen padi maupun panen palawija, yang perlu di ketahui oleh pemerintah untuk saat ini. Para petani di Kecamatan Sukawangi, khususnya Desa Suka Tenang, sangat kesulitan air untuk mengairi lahan pertaniannya. Saking sulitnya petani hanya bisa panen padi setahun sekali, itupun mengandalkan musim hujan," katanya.

Semoga dengan hadirnya Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi ke Desa Suka Tenang Kecamatan Sukawangi ini, dapat menyampaikan ke pihak terkait untuk segera memberikan solusinya. 

"Seperti bantuan mesin pompa atau lainnya agar petani di Kecamatan Suka wangi ini, khususnya Desa Suka Tenang, tidak selalu mengandalkan air hujan untuk bercocok tanam,” pungkasnya.

Kegiatan pun berjalan dengan tertib dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan berakhir dengan bincang santai dan makan bersama. (kobirudin)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai