Breaking News

,

Dua Dalang Berkolaborasi dalam Memberikan Edukasi Kepada Masyarakat Tentang Pencegahan Penyebaran Covid-19

Dalang dari Satlantas Polres Purbalingga dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka saat berkolaborasi dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan penyebaran Covid-19, Sabtu (22/08)
Purbalingga, Laras Post - Dua dalang dari organisasi berbeda di Kabupaten Purbalingga berkolaborasi dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan penyebaran Covid-19, Sabtu (22/8/2020). Hal itu dilakukan dalang dari Satlantas Polres Purbalingga dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka.

Dalang dari Satlantas Polres Purbalingga Bripka Teguh Riyanto dan dari Kwarcab Kusno berkolaborasi memainkan wayang saat lampu lalu lintas menyala merah. Kegiatan dilaksanakan di simpang empat patung Jenderal Soedirman dengan sasaran para pengendara yang melintas.

Kedua dalang, memberikan edukasi tentang protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Selain itu, dikolaborasikan dengan tema pembinaan dan penyuluhan (binluh) tata tertib berlalu lintas yang harus ditaati masyarakat.

Mereka mengingatkan masyarakat agar tidak abai menaati protokol kesehatan. Dalam penampilan wayang, pemakaian masker menjadi poin penting dalam narasi yang dibacakan demi memutus rantai penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat. Serta selalu mentaati peraturan lalu lintas.

“Kalau berkendara, wajib membawa SIM dan STNK serta menggunakan helm. Jangan lupa menggunakan masker untuk ikut berpastisipasi mencegah penyebaran covid-19,” kata dalang wayang polisi Bripka Teguh Riyanto.

Kusno, dalang wayang Pramuka menimpali, penerapan protokol kesehatan saat pandemi virus corona penting untuk dilaksanakan. Masyarakat diminta memperketat protokol kesehatan dalam pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Mengendarai kendaraan bermotor harus mematuhi aturan lalu lintas. Untuk saat ini diimbau untuk mengenakan masker. Masker sangat penting untuk semua orang. Jangan lupa pakai masker ketika diluar rumah, cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir juga harus terus dilaksanakan,” ucapnya.

Kasat Lantas Polres Purbalingga, AKP Indri Endrowati melalui Kanit Dikyasa Iptu Muslimun mengungkapkan, pada hari ini personel Satlantas melaksanakan kegiatan sosialisasi dan binluh kepada pengendara melalui wayang lalu lintas. Pada kegiatan kali ini dalang polisi berkolaborasi dengan dalang Pramuka.

“Masyarakat tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan saat pandemi covid-19. Selain itu, pengendara juga harus tetap mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara. Hal itu itu tidak bisa dipisahkan ketika berkendara di saat pandemi Covid-19," ucapnya.

Sementara itu, Ka Kwarcab Purbalingga, Subeno melalui Andalan Humas,  Mahendra Yudhi Krisnha menuturkan, hari ini dilaksanakan kegiatan dalam rangka peringatan HUT ke-59 Pramuka Indonesia. Sesuai dengan tema yakni Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara.

"Kwarcab Purbalingga mengedukasi kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Untuk itu diselenggarakan kegiatan kolaborasi dengan Satlantas Polres Purbalingga untuk memberikan Binluh tentang pencegahan Covid-19," ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan selain kegiatan Binluh bersama Satlantas, Kwarcab PurbaIingga juga membagikan masker secara cuma-cuma. Dengan kegiatan ini diharapkan agar masyarakat memahami akan pentingnya memakai masker dan hidup sehat dalam melawan serta menekan penyebaran Covid-19 khususnya di Kabupaten Purbalingga. (Agus P)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai