Breaking News

,

Gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengamanan dan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)

Polres Purbalingga menggelar rapat koordinasi (Rakor) Pengamanan dan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Selasa (25/08).
Purbalingga, Laras Post - Polres Purbalingga menggelar rapat koordinasi (Rakor) Pengamanan dan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Selasa (25/8/2020). Kegiatan dilaksanakan di Aula Mapolres PurbaIingga menghadirkan seluruh dinas dan instansi terkait.

Dalam kegiatan dilaksanakan juga penandatanganan keputusan bersama antara Polres Purbalingga dengan Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Banyumas Timur. Keputusan bersama berisi tentang pengamanan hutan dan penegakkan hukum wilayah kerja Perum Perhutani KPH Banyumas Timur di Kabupaten Purbalingga.

Penandatanganan kesepakatan bersama dilaksanakan oleh Kapolres Purbalingga AKBP Muchammad Syafi Maulla dan Administratur KPH Banyumas Timur, Cecep Hermawan. Kegiatan juga dihadiri Kasatpol PP Drs. Suroto yang mewakili Bupati Purbalingga dan unsur Forkopimda, sejumlah camat, kapolsek serta danramil yang memiliki wilayah hutan.

Kapolres Purbalingga AKBP Muchammad Syafi Maulla menyampaikan bahwa permasalahan karhutla merupakan salah satu atensi dari Presiden Republik Indonesia. Oleh sebab itu kita juga tindak lanjuti hingga di tingkat daerah.

"Dengan rakor ini akan dibahas bagaimana langkah-langkah pencegahan maupun penanganan karhutla. Selain itu, bagaimana masing-masing instansi mengetahui cara bertindak apabila terjadi karhutla," jelasnya.


Kapolres menambahkan kebakaran hutan bisa terjadi dari faktor alam maupun faktor manusia. Oleh sebab itu kita perlukan langkah antisipasi melalui sinergitas antar instansi mulai dari sosialisasi pencegahan maupun penanganan apabila hal itu terjadi.

Administratur KPH Banyumas Timur, Cecep Hermawan mengatakan bahwa rapat koordinasi ini dilaksanakan juga sebagai tindaklanjut MoU yang sudah dilaksanakan Kapolda Jawa Tengah dan Kadivre Perhutani Jawa Tengah. Kita juga laksanakan kerja sama antara Polres PurbaIingga dan KPH Banyumas Timur tentang pengamanan hutan dan penegakkan hukumnya.

"Wilayah Kabupaten PurbaIingga masuk dalam KPH Banyumas Timur yang hampir setiap tahunnya berpotensi terjadinya kebakaran hutan. Oleh karenanya rapat koordinasi ini diperlukan untuk mengambil langkah apabila hal itu terjadi," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Purbalingga yang diwakili oleh Kasatpol PP, Suroto dalam acara menyampaikan bahwa koordinasi tentang penanggulangan karhutla merupakan kegiatan yang sudah rutin dilaksanakan. Karena karhutla memiliki banyak dampak mulai dari sosial, ekonomi maupun kelangsungan ekosistem.

"Oleh karena itu, momentum rapat koordinasi ini merupakan langkah yang baik dan strategis. Karena selain menjalankan instruksi juga untuk menjaga ekosistem dan kelangsungan hidup," ucapnya. (Agus P)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai