sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Seni Budaya dan Hiburan

» » Islam Aboge di Purbalingga, Menggelar Shalat Idul Adha Hari Sabtu

Penganut Islam Aboge di wilayah Kabupaten Purbalingga usai melaksanakan shalat Idul Adha 1441 H/2020 M, di masjid Sayyid Kuning Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Sabtu (1/8/2020).
Purbalingga, Laras Post - Penganut Islam Aboge di wilayah Kabupaten Purbalingga baru melaksanakan shalat Idul Adha 1441 H/2020 M, hari Sabtu (1/8/2020), yang dilaksanakan di masjid Sayyid Kuning Desa Onje Kecamatan Mrebet dengan diikuti sekitar 150 jamaah.

Penganut Islam Aboge atau Alif-Rebo-Wage (A-bo-ge) merupakan penganut aliran yang diajarkan Raden Rasid Sayid Kuning. Sistem perhitungan yang dipakai aliran Aboge telah digunakan para wali sejak abad ke-14 dan disebarluaskan oleh ulama Raden Rasid Sayyid Kuning dari Pajang.

Seperti yang diungkapkan oleh Imam Masjid Sayyid Kuning Desa Onje Kyai Maksudi, penghitungan tibanya Idul Adha ini sudah bisa dipastikan dalam Almanak Aboge. Dalam Kalender Aboge, hari besar ditentukan bukan dengan tanggal. melainkan dengan hari dan pasarannya.


"Tahun ini merupakan tahun Wawu yang mana 1 Sura (1 Muharam) tiba pada Senin Kliwon. Perhitungannya, lebaran Idul Adha adalah hari ke-4 pasaran ke-1. Dengan demikian, Idul Adha atau Besar Aboge tiba pada hari ini Sabtu, 1 Agustus 2020.

Perhitungannya pasti, intinya Bulan Besar atau Bulan Haji jatuh dihari empat satu. Tema Idul Adha kali ini adalah "Meneladani Nabi Ibrahim AS" agar bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,"  ungkapnya.

Di tempat yang sama seperti diungkapkan salah satu warga Desa Onje, Puji Utomo yang sekaligus juga merupakan penganut Islam Aboge, ibadah kami sama dengan Islam lainnya misalnya Nahdiyin, yang berbeda hanya sistem perhitungan kalender," katanya.


Dalam rangka menciptakan rasa aman tertib dan nyaman di masyarakat, IPTU Edi Surono selaku Kapolsek Mrebet untuk Desa Onje turut melaksanakan pengamanan dalam pelaksanaan shalat Idul Adha Penganut Islam Aboge ini.

"Selaku anggota Polisi Polsek Mrebet bersama dengan unsur lainnya kami berupaya untuk menciptakan rasa aman dan nyaman di wilayah, dalam masa Pandemi Covid-19 ini kami juga menekankan untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan baik saat Shalat maupun saat penyembelihan hewan kurban," terangnya. (Agus P)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda