Breaking News

,

Jaga Kedaulatan Negara, Satgas Yonif MR 413 Gelar Patroli Gabungan


Jakarta, Laras Post - Dalam rangka menjaga dan menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di perbatasan RI-PNG, Satgas Yonif MR 413/Bremoro menggelar patroli gabungan dengan Pos TNI Angkatan Laut dan Polsub Sektor Skouw, Distrik Muara Tami, Papua. Demikian siaran pers yang dilansir oleh Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Dispenad), Jumat (28/08/2020) malam.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413/Bremoro, Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Muara Tami, Papua, Jumat (28/08/2020).

Disampaikan Dansatgas, Patroli gabungan ini merupakan wujud sinergitas TNI-Polri dalam menjaga dan menegakkan kedaulatan negara di perbatasan RI-PNG.


“Dalam pelaksanaannya, patroli gabungan ini dibagi menjadi dua tim, tim pertama melakukan patroli darat bergerak dari Pos Kotis Skouw Satgas Yonif MR 413/Bremoro,” katanya.

“Sedangkan tim kedua melakukan patroli perairan bergerak dari Pangkalan Pos TNI Angkatan Laut, Skouw Sae Distrik Muara Tami dengan menggunakan Speed Boat,” lanjutnya.

Lebih lanjut disampaikan, sasaran patroli gabungan ini adalah patok batas MM 1 dan jalur-jalur ilegal yang banyak terdapat di wilayah perbatasan baik di darat maupun perairan.


“Tujuannya untuk memastikan patok batas tidak bergeser dari koordinat yang tercatat di pemerintah kedua negara, dan memastikan kondisi patok dalam kondisi terawat dengan baik,” ucap Dansatgas.

“Selain itu, kita juga menjaga keamanan jalur-jalur ilegal yang sering dijadikan tempat untuk aktivitas ilegal, baik yang berada di darat maupun di perairan,” tambahnya.

Menurut Dansatgas, patroli gabungan ini sangat penting dalam menjaga stabilitas keamanan dan mengamankan patok batas negara di wilayah perbatasan. Untuk itu kegiatan ini akan rutin dilaksanakan dengan melibatkan semua komponen yang ada di perbatasan.


“Terima kasih atas kerja sama dan semangat personel Pos Kotis Skouw, Pos TNI Angkatan Laut, dan Polsub Sektor Skouw, meskipun harus melewati beberapa medan yang sulit, namun patroli gabungan ini dapat berjalan lancar dan aman,” pungkas Dansatgas. (Her)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai