Breaking News

,

Polri Siap Hadapi Praperadilan Anita Kolopaking

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono
Jakarta, Laras Post – Polri siap menghadapi praperadilan yang diajukan tersangka kasus surat jalan Djoko Tjandra, Anita Kolopaking di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Tentunya kalau hal tersebut (Praperadilan) diajukan ke pengadilan, nanti akan kita hadapi,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono, di Jakarta, Senin (10/8/2020).

Awi menilai praperadilan yang diajukan oleh Anita Kolopaking wajar dan sah-sah saja, karena hal itu diatur dalam  KUHAP.

“Praperadilan adalah mekanisme yang diatur oleh KUHAP untuk menguji apakah penangkapan, penahanan tersangka oleh penyidik sah atau tidak, dan itu sah sah saja kalau mereka mengajukan praperadilan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Awi menungkapkan sampai saat ini Bareskrim belum menerima panggilan terkait praperadilan tersebut. Pihaknya masih menunggu hasil tersebut.

“Sampai sekarang kami belum tahu karena panggilan sidang praperadilan belum ada,” ucap Awi.

Anita Kolopaking ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pelarian terpidana kasus hak tagih (cessie) Bank Bali, Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra. Anita juga kini sudah dilakukan penahanan di Rutan Bareskrim Polri.

Sebelumnya, penyidik Bareskrim Polri memeriksa Anita Kolopaking lebih dari 20 jam, dengan mengajukan 55 pertanyaan. Usai memeriksa, Bareskrim Langsung melakukan penahanan terhadap pengacara Djoko Tjandra itu, sela,a 20 hari kedepan.

“Yang bersangkutan di cecar dengan 55 pertanyaan, pagi ini tanggal 8 Agustus 2020 sampai dengan 20 hari ke depan yang bersangkutan ditahan di Rutan Bareskrim Polri,” ungkap Awi, di Mabes Polri, Sabtu (8/8/2020).

Anita Kolopaking telah resmi menjadi tersangka di kasus surat jalan kliennya, Djoko Tjandra. Anita diduga mengetahui betul terkait kasus surat jalan Djoko Tjandra yang melibatkan oknum Perwira Polri. (her)


Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai