Breaking News

,

Satgas Citarum Harum Sektor 20 Pertahankan Tanaman Pohon


Bekasi, Laras Post - Satgas Citarum Harum Sektor 20  dalam mempertahankan penanaman pohon waru dari kekeringan dipasang infus dengan menggunakan botol bekas air mineral, pohon Waru yang berjumlah 50 pohon ditanam di tanggul bantaran sungai Citarum  terletak di wilayah Kampung Bojong Jaya Rt 02 Rw 03 Desa Sumbersari, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Upaya tersebut dilakukan agar mempertahankan tanaman dari kekeringan, tidak mati, inovasi  ini dilakukan tim Satgas Citarum Harum Sektor 20 bersama masyarakat sekitar, Rabu (5/8/2020).

Pohon merupakan makhluk hidup yang punya andil dalam pertumbuhan manusia. Proses fotosintesis yang dimiliki pohon menjadi komponen alami krusial bagi manusia.

Pengajaran teknik silvikultur (budi daya) menanam pohon tidak sebatas mengajarkan teori (pengetahuan) dan praktik (skill), tetapi juga menanamkan jiwa silvikulturis yaitu jiwa yang memiliki rasa sayang, gemar dan senang menanam dan memelihara pohon. Memang tidak mudah menumbuhkan jiwa silvikulturis tersebut.

Dansektor 20 Kolonel Inf. Suyitno menyampaikan, metode infus ini salah satu upaya untuk merawat pohon di masa musim kering.

“Kegiatan pemeliharaan yang kita lakukan hari ini, adalah bentuk peran kepedulian Satgas Citarum Harum Sektor 20 untuk memanfaatkan bantaran sungai Citarum. Tujuan gerakan ini adalah menanamkan jiwa gemar memelihara dan menyayangi tanaman pohon agar tumbuh dengan baik," ujar Suyitno.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat atas kerjasamanya. "Semoga yang kita lakukan dalam penyelamatan lingkungan melalui kegiatan peduli penghijauan akan menjadi kenangan dan kebanggaan bagi anak cucu kita dan warga Masyarakat sekitar,” pungkas Dansektor 20. (kobirudin)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai