Breaking News

,

Antisipasi Resesi, Ketua MPR Minta Pemerintah Bangkitkan Sektor UMKM & Koperasi

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Jakarta, LARAS POST - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan kepada pemerintah, bahwa di samping berupaya mencegah terjadinya resesi dengan perlahan-lahan membangkitkan kembali sektor usaha mikro kecil dan menengah/koperasi untuk menopang perekonomian nasional.

Bamsoet juga minta pemerintah  tetap memberikan bantuan dana bagi pekerja yang menerima upah dibawah lima juta, agar dapat meningkatkan daya beli masyarakat, sehingga ekonomi nasional dapat kembali bangkit dan meminimalisir resiko resesi.

“ Mendorong pemerintah agar mengantisipasi krisis kesehatan yang dapat menjadi krisis ekonomi juga berpotensi menimbulkan krisis sosial hingga krisis politik, yaitu krisis sosial seperti dampak pengangguran dan tingkat kriminalitas dapat semakin meningkat,” ujarnya dalam siaran persnya, Jumat (4/9/2020).

Pihaknya, sambung Bamsoet, juga  mendorong pemerintah agar dapat memfokuskan dan memprioritaskan terlebih dahulu perbaikan penanganan krisis kesehatan, seperti peningkatan kapasitas uji Covid-19, dikarenakan penyebab utama masalah perekonomian adalah krisis kesehatan sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

“Kita juga mendorong pemerintah mengkaji secara mendalam kondisi saat ini guna menetapkan kebijakan yang dapat diandalkan untuk  menangani pandemi Covid-19 dan juga pemulihan ekonomi nasional, sehingga kebijakan tersebut harus seiring sejalan tidak boleh berdiri sendiri. Pemerintah perlu mencanangkan kembali strategi baru untuk pemulihan di sektor kesehatan dan ekonomi yang lebih signifikan dan sesuai dengan situasi maupun kondisi saat ini,” terang mantan Ketua DPR RI itu. (wan)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai