Breaking News

,

Anyaman Bambu Wujud Tali Kasih TNI untuk Rakyat

Satgas TMMD saat membantu warga anyaman "Tenggok/Senik".
KARANGANYAR, LARAS POST - Lahir dari rakyat dan mengabdi untuk rakyat. Hal ini terlihat saat anggota Satgas TMMD Reguler ke-109 Kodim 0727/Karanganyar, Serda Sujai Dan Prada Adjul membantu seorang bapak paruh baya membuat anyaman "Tenggok/Senik" begitu warga setempat menyebutnya.

Bapak Sudarmin (56) warga Dusun Pucangsari Desa Jatiwarno Kecamatan Jatipuro, mengaku menjadi pengerajin anyaman bambu sudah ditekuninya sejak puluhan tahun silam. Sambil menghaluskan bambu untuk membuat anyaman, Prada Adjul bertanya tentang "Tenggok/Senik" kepada bapak Sudarmin. Maklum Prada Adjul bukan asli orang jawa, tidak tau apa itu Tenggok/Senik.

Dengan santai dan penuh senyum Bapak Sudarmin menjelaskannya, Tenggok/Senik merupakan wadah anyaman yang terbuat dari bambu yang berbentuk persegi pada bagian bawahnya dan lingkaran pada bagian atasnya terbuat dari bambu, Tenggok/Senik kegunaanya multifungsi yaitu tempat untuk menyimpan bahan makananan yang masih mentah,  beras, kacang tanah, kedelai dan sebagainya.

“Saya bukan asli orang jawa, tapi melihat masyarkaat membuat kesenian itu saya jadi tertarik dan mencoba untuk belajar, siapa tau nanti bisa membuat di tanah kelahiran saya nanti, terang Prada Adjul. 

Bapak Sudarmin mengaku senang dengan kedatangan bapak tentara yang membantu menganyam kerajinan bambu yang menjadi salah satu sumber kehidupan keluarganya. (Her/hm/0727)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai