Breaking News

,

Dispenad Gelar Press Tour Bersama Awak Media ke Satangair Pusbekangad

Kadispenad Brigjen Nefra Firdaus
Kadispenad Brigjen TNI Nefra Firdaus.

JAKARTA, LARAS POST - Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad) menggelar Press Tour bersama para awak media di Satuan Angkutan Air (Satangair) Pusat Perbekalan dan Angkutan Angkatan Darat (Pusbekangad) Tanjung Priok Jakarta Utara, Selasa (29/9/20).


Press Tour kali ini sedikit berbeda, karena di tengah Pandemi Covid 19, untuk itu pihak panitia menekankan agar para peserta Press Tour harus mematuhi Protokol Kesehatan, seperti pengecekan suhu badan, jaga jarak, pakai masker serta mencuci tangan dengan sabun.


Tiba di lokasi Markas Satangair para peserta Press Tour disuguhkan sejumlah kegiatan antara lain simulasi emergency pertolongan bantuan parasut signal, penutupan Pelatihan pilot Drone Air, simulasi ruang nahkoda kapal, pengenalan sarana dan prasarana perlengkapan Satang Air. mulai dari perlengkapan tenda serbaguna, Kendaraan Dapur umum Randurlap (kendaraan dapur lapangan), perahu pendaratan taktis hover craft, perahu khusus rawa. 

Komandan Satangair Pusbekangad Kolonel Cba Winarno
Kadispenad Brigjen TNI Nefra Firdaus bersama Komandan Satangair Pusbekangad Kolonel Cba Winarno saat diwawancara media di acara press tour di salah satu Kapal ADRI Satangair Pusbekangad.

Satangair Pusbekangad juga dilengkapi Alutsista berupa Kapal Motor Cepat (KMC), Landing Craft Rubber (LCR) maupun kapal ADRI untuk pergeseran alutsista berat maupun ringan, logistik, perlengkapan maupun personel dalam mendukung tugas TNI AD.


Tak hanya itu, para awak media diajak keliling di perairan  Dermaga Tanjung Priok menggunakan KMC Komando, LCR 

(Landing Craft Rubber) dan Jetski. Para peserta Press Tour juga menyaksikan sejumlah simulasi di laut, diantaranya formasi tempur LCR, Formasi Paruh Lembing dan Bersayap, aksi penyelam Satangair dalam memeriksa kapal yang tersangkut jaring kapal nelayan, serta aksi penyelamatan orang terdampar di perairan.


Pada kesempatan itu, Kadispenad Brigjen TNI Nefra Firdaus, S.E., M.M, yang memimpin langsung acara Press Tour bersama awak media itu mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tri wulan. Bertujuan agar hubungan antara Dispenad dengan insan media selalu terjalin dengan baik.

Formasi Tempur Speed Boot LCR
Formasi LRC di dermaga Tj. Priok.

"Kegiatan ini selain untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan media massa sebagai mitra Dispenad dalam mempublikasikan berbagai satuan Angkatan Darat, juga sebagai sarana untuk menyampaikan kepada publik berbagai tugas pokok dan alutsista satuan-satuan operasional di lingkungan Angkatan Darat," ucap Kadispenad.


Pada kesempatan yang sama, Komandan Satangair Pusbekangad Kolonel Cba Winarno, S.Sos., M.M, mengatakan bahwa Satangair dalam pelaksanaan tugas pokoknya memiliki sejumlah alutsista modern di antaranya kapal ADRI sebagai kapal angkut personel, logistik materiil maupun perlengkapan dan Kapal Motor Cepat (KMC) Komando. KMC Komando ini dioperasikan oleh tiga orang awak (ABK) yang mampu mengangkut 31 orang penumpang.


“Selain digunakan untuk wahana angkut prajurit dan perbekalannya dalam tugas keseharian, KMC Komando dalam misi perang (operasi amfibi) dapat mendaratkan pasukan bersenjata ke bibir pantai yang menyerbu keluar lewat pintu bagian depan kapal," tuturnya.

Kendaraan taktis
Perahu pendaratan taktis hover craft.

Dansatangair mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kadispenad beserta para awak media ke kesatuan yang dipimpinnya itu.


“Kunjungan ini merupakan suatu kehormatan bagi kami, dan berharap ke depannya kiprah Satangair dapat lebih terekspose oleh media dalam mendukung tugas pokok Angkatan Darat," pungkas Dansatangair menutup keterangannya. 

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai