Breaking News

,

Komunitas Peduli Kali Gelar Aksi Bersih-bersih di Kali Cakung Barat


Bekasi, LARAS POST - Wujud kepedulian terhadap kebersihan Kali Cakung, Komunitas Peduli Kali (KPK) menggelar aksi bersih-bersih di  sepanjang Kali Cakung Barat, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (6/9/2020).

Dalam kegiatan itu, komunitas KPK bersama warga dan jajaran dinas terkait Pemerintah Kota Bekasi nampak membersihkan lumpur dan sampah di sepanjang Kali Cakung Barat itu. Kebanyakan sampah di sungai tersebut berasal dari limbah rumah tangga. Apalagi di sepanjang bantaran terdapat perumahan padat penduduk.

Ketua Umum Komunitas Peduli Kali,  Ikrok, menuturkan bahwa kegiatan Peduli Kali Cakung Barat ini memang sengaja diadakan untuk membersihkan sampah di sepanjang aliran kali. Tim Katak dari UPTD Pematusan turun melakukan penyusuran Kali Cakung untuk memulai proses pengembalian Kali Cakung. 

Kegiatan dimulai dari titik nol di RW 03, Kelurahan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat. Kegiatan tersebut sebagai titik awal kepedulian menjaga kali secara bersinergi.


Pada kesempatan sama, Sekretaris Kecamatan Jatisampurna Endang Supratman, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Komunitas Peduli Kali. Dia berharap kegiatan tersebut terus berlanjut. 

Dia juga berharap kali bening bisa kembali sesuai dengan namanya yang berarti sungai yang jernih.  “Kami mendukung kegiatan ini karena untuk kemaslahatan lingkungan,” tukasnya.

Kali Cakung disebutnya sebagai kali alam, yang memiliki sejarah sejak zaman era Taruma Negara. Oleh karenanya, ke depan diharapkan tidak ada lagi warga yang membuang sampah ke kali. Dan pemerintah bisa melestarikan Kali Cakung yang bersambung hingga ke laut.

Melalui kegiatan bersih Kali Cakung bisa menjadi awal mengetahui titik sumbatan Kali Cakung. Sehingga bisa dikembalikan fungsinya, sebagaimana mestinya. 

“Kami sebenarnya sudah membuat Iaporan resmi terkait beberapa titik Kali Cakung yang terputus ataupun hilang. Kita sudah mendorong tapi belum ada respon. Harapannya melalui aksi nyata ini bisa memberikan dampak positif.” (egi)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai