Breaking News

,

Latihan Sikatan Daya 2020 Meningkatkan Profesionalisme Prajurit TNI AU

Sukhoi SU 27/30
Pesawat tempur TNI AU Sukhoi SU 27/30 saat melesatkan senjata adalannya.

PANDANWANGI, DISPENAU - Latihan Sikatan Daya 2020 merupakan kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahun guna mengevaluasi dan meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AU.


Hal tersebut dikatakan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., meninjau langsung manuver lapangan latihan Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopsau) II "Sikatan Daya tahun 2020" di Air Weapon Range (AWR) TNI AU Pandanwangi, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (29/9/2020).


"Latihan Sikatan Daya 2020 ini merupakan akumulasi dari latihan-latihan yang diadakan oleh satuan mulai dari latihan perorangan hingga tingkat satuan jajaran Koopsau II dengan tujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur prajurit TNI AU yang sewaktu-waktu dapat diaplikasikan dalam menghadapi kontinjensi," tegas Kasau dalam siaran pers.


Latihan yang bertemakan "Koopsau II Beserta Satuan Jajarannya Melaksanakan Operasi Udara di Wilayah Koopsau II dalam rangka Mendukung Tugas Pokok TNI". 


Latihan Sikatan Daya 2020 ini melibatkan 706 personel di jajaran Koopsau II dan sejumlah kekuatan Alutsista TNI AU diantaranya dari Lanud Sultan Hasanuddin Makassar terdiri dari pesawat Boeing B-737 dari Skadron Udara 5, pesawat Sukhoi SU 27/30 dari Skadron Udara 11, dan pesawat Hercules C-130 H dari Skadron Udara 33.

Tim penerjun TNI AU
Para penerjun TNI AU yang beraksi pada latihan Sikatan Daya 2020 di Lumajang.


Lanud Iswahjudi Madiun terdiri dari pesawat F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 3, pesawat Sukhoi SU 27/30 dari Skadron Udara 14,  dan pesawat T-50i Golden Eagle dari Skadron Udara 15.


Sementara dari Lanud Abdulrachman Saleh Malang terdiri dari pesawat C-212 Cassa dari Skadron Udara 4, pesawat EMB-314 Super Tucano dari Skadron Udara 21, dan pesawat C-130 B/H Hercules dari Skadron Udara 32.


Selain itu juga latihan ini melibatkan Pasukan Khas Angkatan Udara (Paskhasau) sebagai Pengendali Tempur (Dalpur) dan Satuan Tempur (Satpur).


Pada latihan Sikatan Daya 2020 ini Kasau beserta undangan menyaksikan secara langsung pesawat tempur TNI AU bermanuver seperti Air Combat Manuver, Recce, Bombing dan Rocketing, air refeuling, penerjunan pasukan, dan bekal ulang.


Hadir pada acara tersebut, Kasau Para Asisten Kasau, Pangkohanudnas, Pangkoopsau II, Dankorpaskhas, Pangdam V Brawijaya, Pangkoarmada II, Pangdiv II Kostrad, para Kepala Dinas jajaran Mabesau, Danlanud IWJ, Danlanud ABD, dan para pejabat daerah Kabupaten Lumajang. (sg)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai