Breaking News

,

Polsek Kemangkon Mendukung Program Pemberantasan Sarang Nyamuk

Anggota Polsek Kemangkon saat mengikuti kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan pemeriksaan jentik nyamuk yang dilaksanakan di Desa Karangkemiri, Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga.
Purbalingga, Laras Post - Anggota Polsek Kemangkon mengikuti kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan pemeriksaan jentik nyamuk yang dilaksanakan di Desa Karangkemiri, Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga, Jumat (11/9/2020) pagi.

Kapolsek Kemangkon Iptu Damar Iskandar pihaknya sangat mendukung program pemberantasan sarang nyamuk. Hal itu untuk mencegah berkembangnya penyakit demam berdarah yang berasal dari nyamuk yang bersarang di sekitar lingkungan.

“Dengan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk, diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas dari oenyakit demam berdarah. Terpenting bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungannya,” ucap kapolsek.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kemangkon Suharno S.KM mengatakan bahwa di wilayah Kemangkon sudah ada warga terjangkit demam berdarah. Sebelum wabah demam berdarah ini menyebar kita punya inisiatif lakukan PSN di sejumlah desa. Salah satunya di Desa Karangkemiri pada hari ini.

"Kegiatan ini akan terus dilakukan karena cara efektif untuk memutus rantai kembang biak nyamuk adalah dengan PSN seminggu sekali. Karena siklus hidup nyamuk dari telur hingga menjadi nyamuk berkisar 10 hari," ucapnya.


Suharno menambahkan bahwa kesadaran masyarakat dalam melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk menjadi kunci keberhasilan terbebas Demam Berdarah. Oleh sebab itu, selain melakukan pemberantasan sarang nyamuk dilakukan juga sosialisasi kepada masyarakat.

“Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat sadar dengan sendirinya melakukan PSN tanpa harus menunggu perintah sehingga bisa menangkal penyakit demam berdarah,” ucapnya.

Dari pantauan, dalam kegiatan PSN, anggota Polsek Kemangkon bergabung dengan petugas Puskesmas, Koramil, ASN serta kader kesehatan. PSN dilakukan di beberapa lokasi termasuk rumah dan lingkungan yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Sasaran pemeriksaan jentik nyamuk yaitu bak kamar mandi, penampungan air maupun di lokasi yang terdapat genangan. Selain itu, sejumlah tumpukan barang bekas tidak luput dari pemeriksaan. Apabila ditemukan jentik nyamuk langsung dilakukan pembasmian.

Selain itu, pemberantasan sarang nyamuk dilakukan dengan cara menyingkirkan dan mengubur benda seperti kaleng bekas, ember bekas, pecahan gelas dan barang lainnya. Hal itu agar benda-benda yang tergeletak tidak digunakan sebagai sarang nyamuk. (Agus P)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai