Breaking News

,

Sektor 20 Sosialisasikan Program Citarum Harum pada Masyarakat Pebayuran


Bekasi, LARAS POST - Sektor 20 Citarum Harum melaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Citarum Harum kepada masyarakat Kecamatan Pebayuran, di Aula Kantor Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (01/09/2020). 

Pada kesempatan itu, DanSektor 20 Citarum, memaparkan kegiatan dan Rencana Program Program Citarum Harum di Sektor 20 yang telah dilaksanakan,  yang sedang dilaksanakan, maupun untuk kedepannya. 

"Agar masyarakat mengerti program program Citarum Harum, seperti penanganan tanggul kritis, normalisasi, Pembuatan taman edukasi, pembuatan embung-embung, pembuatan kolam retensi, Pembuatan pintu air dan penanaman pohon, dari Bojong Mangu sampai ke Muara Gembong yang merupakan Wilayah Sektor 20 yang kurang lebih 134 kilometer, serta normalisasi kali cikarang hilir," ucapnya.



Sosialisasi itu dimaksudkan memberikan gambaran kepada masyarakat dan pertanggung jawaban tentang pelaksanaan kegiatan penataan restorasi ekosistem di sektor 20 dalam rangka program Citarum Harum tahun 2020.

Selain itu, Dan Sektor juga menguraikan kegiatan yang telah dicapai dan dilaksanakan oleh sektor 20 berikut hambatan dan upaya mengatasinya, dari fisik maupun non fisik seperti melakukan penataan restorasi ekosistem di sepanjang anak sungai, cucu sungai, cicit sungai Citarum, dan memfungsikan kembali agar benar-benar dapat dimanfaatkan oleh warga masyarakat secara optimal.

"Serta terciptanya mindset masyarakat dan perilaku masyarakat untuk menjaga, memelihara, dan melestarikan sungai Citarum dan terciptanya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan dan ke indahan Daerah Aliran Sungai  Citarum (DASC)," bebernya.


Dan Sektor pun menyampaikan kegiatan semua ini bertujuan membantu pemerintah dalam menata ekosistem di Daerah Aliran Sungai Citarum, Seperti Penanganan tanggul kritis, penanganan limbah industri, penanganan limbah peternakan, pengembangan pariwisata,  penanganan limbah domestik,  penanganan sampah. "Serta pengendalian dan pemanfaatan ruang daerah aliran sungai citarum, penegakan hukum,  pemantauan kualitas air,  pengelolaan sumberdaya air, dan menjalin hubungan dengan masyarakat pun sudah kita lakukan," ujarnya.


Camat Pebayuran yang diwakili Sekretaris Camat Hj. Imik Ratna Jatnika, S.IP. M.Si ketika diwawancara awak media mengatakan, dirinya sangat mendukung dengan program Citarum Harum, dan semoga bermanfaat untuk warga masyarakat terutama di Kecamatan Pebayuran. "Smoga ini berlanjut dengan ke arah yang baik lagi," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Sumberreja, H. Ibong Ibrahim mewakili Kepala Desa yang hadir menyampaikan, dirinya pun sangat mendukung dengan adanya kegiatan Citarum Harum, dan berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi untuk membatu dan ikut berperan dalam program ini. "Seperti membantu peralatan maupun anggaran, karena program citarum ini untuk kebaikan warga Kabupaten Bekasi juga," urainya saat diwawancara awak media.

Kegiatan pun berjalan dengan kondusif dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Acara tersebut hadiri, para Kepala Desa SE-Kecamatan Pebayuran, Kapolsek Pebayuran, Koramil Pebayuran, BPD SE-Pebayuran, dan Muspika Kecamatan Pebayuran di isi dengan beberapa Audensi dari para Kepala Desa dan Pemaparan Program Citarum Harum oleh Dan Sektor 20 Citarum Harum, Kolonel Infanteri Suyitno, S.I.P dan Konsultan dari BBWS untuk sektor 20. (kobirudin)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai