Breaking News

,

Dewan Pers: Bangun Imej Positif tentang Covid-19 dalam Publikasi Berita

Ketua Komisi Pemberdayaan Organisasi Dewan Pers, Asep Setiawan
Ketua Komisi Pemberdayaan Organisasi Dewan Pers, Asep Setiawan.

JAKARTA, LARAS POST - Dewan Pers mendorong media agar membangun imej positif dalam publikasi sebuah berita tentang Covid-19.


Jangan sampai masyarakat takut berlebihan tentang Covid-19, namun sebaliknya pula jangan sampai publik menganggap enteng hingga mengabaikan protokol kesehatan.


"Contohnya ada berita seorang pasien Covid-19 sembuh namun badannya makin gemuk (tambah sehat) dan jangan abaikan Prokes saat keluar rumah dan lain lain," ucap Ketua Komisi Pemberdayaan Organisasi Dewan Pers, Asep Setiawan dalam diskusi Webinar bertajuk ‘Stigmatisasi terhadap penderita covid-19 dan tenaga medis, bagaimana mengatasinya?’ diselenggarakan oleh Dewan Pers dan BBC Media Action Bekerjasama BNPB, Jum’at, (23/10/2020).


Dewan pers mengajak media untuk bangun stigma positif pada masyarakat terhadap Covid-19 agar masyarakat tidak takut berlebihan.


Jangan sampai terjadi lagi pasien Covid-19 dikucilkan dan tenaga medis dijauhi masyarakat bahkan diusir dari lingkungan hal itu akibat kurangnya pengetahuan masyarakat informasi tentang penyakit yang sedang melanda dunia ini.


"Berita yang bermuatan positif dan informatif positif, misalkan seorang pasien Covid 19 sembuh tubuhnya semakin besar, ini kan timbul optimisme," ujar Asep.


Disisi lain, Asep Setiawan mengingatkan media agar mematuhi kode etik sehingga berita lebih berimbang di masyarakat.


“Mengutip dari ketua dewan pers Pak Nuh. Wartawan setiap hari menghasilkan karya jurnalistik, jurnalistik itu informasi, masyarakat butuh informasi setiap harinya. Jika informasi itu adalah oksigen yang dibutuhkan setiap hari, saat oksigennya baik pasti kita sehat,” imbuh Asep Setiawan. (sg)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai